PENGARUH TERPAAN KONTEN CLASH OF CHAMPIONS TERHADAP MINAT BELAJAR SUBSCRIBERS YOUTUBE RUANGGURU PADA PEMBELAJARAN ILMU EKSAKTA

Sumampouw, Leo Agung Azer (2025) PENGARUH TERPAAN KONTEN CLASH OF CHAMPIONS TERHADAP MINAT BELAJAR SUBSCRIBERS YOUTUBE RUANGGURU PADA PEMBELAJARAN ILMU EKSAKTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Leo Agung Azer Sumampouw)
210907662.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tingginya pemanfaatan platform digital dalam pendidikan menuntut penyedia konten untuk menyajikan materi ajar yang informatif, menarik, dan memotivasi siswa. Salah satu tantangan utama dalam pembelajaran ilmu eksakta adalah kurangnya minat belajar siswa, yang seringkali disebabkan oleh anggapan bahwa mata pelajaran ini sulit dan tidak menarik. Dalam upaya mengatasi hal ini, Ruangguru menghadirkan konten Clash of Champions sebagai strategi untuk meningkatkan daya tarik siswa terhadap ilmu eksakta melalui pendekatan kompetitif dan menghibur. Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh paparan konten Clash of Champions terhadap minat belajar ilmu eksakta pada subscribers YouTube Ruangguru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatif dengan pendekatan survei. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang dipilih dari populasi subscribers YouTube Ruangguru per Oktober 2024 yang berjumlah lebih dari 1.960.000 akun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paparan konten Clash of Champions memberikan kontribusi sebesar 37,1% terhadap minat belajar ilmu eksakta subscribers, sementara 62,9% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Temuan ini mengimplikasikan bahwa konten edukatif yang dikemas secara menarik dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran eksakta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Clash of Champions, Minat, Youtube, Pembelajaran Ilmu Eksakta
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 26 May 2025 09:20
Last Modified: 26 May 2025 09:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/34112

Actions (login required)

View Item View Item