Peran Pimpinan dalam Membentuk Iklim Komunikasi Organisasi Start Up Digital (Studi Kasus Relasi Kerja pada CV Nabila Zafira Mahalia)

Sutanto, Yohanes (2025) Peran Pimpinan dalam Membentuk Iklim Komunikasi Organisasi Start Up Digital (Studi Kasus Relasi Kerja pada CV Nabila Zafira Mahalia). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Yohanes Sutanto)
210907674.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja dan kerja sama dalam organisasi, termasuk start up digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pimpinan dalam membentuk iklim komunikasi organisasi di start up CV Nabila Zafira Mahalia menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan owner dan tiga karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pimpinan berkontribusi besar dalam membentuk iklim komunikasi organisasi di CV Nabila Zafira Mahalia yang bersifat suportif, didukung oleh struktur organisasi yang datar, ruang kerja tanpa sekat, dan skala organisasi yang kecil. Namun, pendekatan hubungan manusiawi yang berlebihan berpotensi menyebabkan berkurangnya disiplin kerja dan penurunan performa organisasi. Oleh karena itu, disarankan mengombinasikan aliran hubungan manusiawi dan aliran klasik untuk menjaga efisiensi dan mendukung pertumbuhan organisasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CV Nabila Zafira Mahalia, Iklim Komunikasi Organisasi, Peran Pimpinan, Start Up Digital
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 26 May 2025 10:03
Last Modified: 26 May 2025 10:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/34116

Actions (login required)

View Item View Item