Handayani, Theresia Dwi (2025) PERILAKU GENERASI Z DALAM MENGGUNAKAN GADGET (Studi Deskriptif Hubungan Tingkat Penggunaan Gadget dengan Tingkat Prestasi Akademik pada Siswa SMA & SMK di Jakarta Selatan). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Theresia Dwi Handayani)
210907701.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini tentang hubungan tingkat penggunaan gadget dengan tingkat prestasi akademik pada siswa SMA dan SMK di Jakarta Selatan. Siswa generasi z tak terpisahkan dari gadget khususnya smartphone yang dapat digunakan untuk kebutuhan akademik maupun non akademik. Tujuan penelitian ini memberikan pemahaman mengenai perilaku generasi z dalam menggunakan gadget dan hubungannya dengan prestasi akademik berdasarkan teori media equation. Metode penelitian kuantitatif deskriptif digunakan untuk memperoleh data melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan namun cenderung lemah. Asumsi dari media equation theory belum cukup kuat untuk membuktikan hubungan tingkat penggunaan gadget dengan tingkat prestasi akademik pada siswa. Terdapat perbedaan antara penelitian serupa terdahulu dengan hasil penelitian ini yang menunjukkan semakin tinggi tingkat penggunaan gadget maka semakin tinggi tingkat prestasi akademik pada siswa SMA & SMK di Jakarta Selatan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Generasi Z, Gadget, Prestasi Akademik, Jakarta Selatan |
Subjects: | Komunikasi > Kajian Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 26 May 2025 11:09 |
Last Modified: | 26 May 2025 11:09 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/34121 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |