STRATEGI PESAN DAN PEMANFAATAN FITUR INSTAGRAM @BELAJARZEROWASTE_ID DALAM ADVOKASI GAYA HIDUP MINIM SAMPAH OLEH KOMUNITAS BELAJAR ZERO WASTE

Vania, Brigita Devin (2025) STRATEGI PESAN DAN PEMANFAATAN FITUR INSTAGRAM @BELAJARZEROWASTE_ID DALAM ADVOKASI GAYA HIDUP MINIM SAMPAH OLEH KOMUNITAS BELAJAR ZERO WASTE. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Brigita Devin Vania)
235508378_Bab 0.pdf

Download (626kB)
[img] Text
235508378_Bab 1.pdf

Download (398kB)
[img] Text
235508378_Bab 2.pdf

Download (550kB)
[img] Text
235508378_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
235508378_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
235508378_Bab 5.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai strategi Komunitas Belajar Zero Waste dalam advokasi gaya hidup minim sampah yang dilakukan dengan menggunakan media sosial instagram. Dalam beberapa penelitian sebelumnya ditemukan problematika terkait kompleksitas isi pesan dan komunikasi satu arah yang menjadi tantangan dalam mencapai tujuan dari komunikasi keberlanjutan. Maka dari itu, penelitian ini menggunakan konsep kajian komunikasi keberlanjutan, advokasi sosial, media sosial, dan NGO untuk menjelaskan mengenai strategi BZW dalam menjawab tantangan tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara mendalam untuk mengetahui strategi pesan dan pemanfaatan fitur instagram yang dimiliki oleh BZW, sedangkan teknik analisis tematik digunakan untuk melihat implementasi dari strategi pada akun instgaram @belajarzerowaste_id. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa BZW menggunakan pendekatan empati, penyajian solusi dan pesan yang dekat dengan kehidupan masyarakat, pengalaman nyata audiens, hingga penyajian referensi yang kredibel sebagai strategi pesannya. Pada strategi pemanfaatan fitur, BZW menggunakan fitur-fitur instagram yang digunakan untuk mendukung penyajian pesan hingga menjadi wadah interaksi bagi audiens. Melalui penerapan strategi tersebut, pesan yang disampaikan merefleksikan karakteristik komunikasi keberlanjutan yang didukung oleh prinsip-prinsip advokasi untuk mencapai kesepahaman. Kesepahaman tersebut merupakan realitas yang dibentuk melalui konstruksi-konstruksi media sosial yang juga memiliki potensi sebagai wadah keterlibatan audiens. Keterlibatan audiens itu menunjukkan interaktivitas yang mendukung proses pencapaian tujuan dari advokasi yang dilakukan BZW.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pesan, Pemanfaatan Fitur, Advokasi Sosial, Komunikasi Keberlanjutan, Media Sosial.
Subjects: Magister Ilmu Komunikasi > Manajemen Media Digital
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 27 May 2025 09:11
Last Modified: 27 May 2025 09:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/34136

Actions (login required)

View Item View Item