Ravim, Gratcya Francoice Therese Teku (2025) PROSES COMMUNITY ENGAGEMENT UNTUK MENGGERAKKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PROGRAM PEMBANGUNAN (Studi Kasus Program Pembangunan Pariwisata Tradisi Tinju Adat Etu di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur). S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Gratcya Francoice Therese Teku Ravim)
235508401_Bab 0.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
235508401_Bab 1.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
235508401_Bab 2.pdf Download (460kB) |
![]() |
Text
235508401_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
![]() |
Text
235508401_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (839kB) |
![]() |
Text
235508401_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Community engagement dalam komunikasi pembangunan menghadapi tiga permasalahan utama: kurangnya rasa kepemilikan terhadap program, masalah akses informasi yang setara, dan padangan teori pembangunan yang menganggap penduduk lokal sebagai penerima pasif keputusan luar komunitas. Penelitian ini bertujuan memahami dan menjelaskan proses community engagement untuk menggerakkan partisipasi masyarakat pada program pembangunan pariwisata tradisi tinju adat etu di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini mengaplikasikan dua teori, yaitu komunikasi pembangunan yang fokus pada pengetahuan lokal, partisipasi dan pemberdayaan, serta teori community engagement. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang menitikberatkan pada program pembangunan pariwisata tradisi adat berbasis nilai lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses community engagement terdiri dari tiga tahap: penyampaian informasi dan komunikasi, pelibatan masyarakat dan kemitraan bersama masyarakat. Community engagement menunjukkan adanya proses relasional dengan pendekatan bottom – up, di mana komunitas memegang kendali penuh atas pengetahuan dan pengambilan keputusan pelaksanaan program pembangunan pariwisata tradisi ini, sehingga membuat partisipasi dan pemberdayaan menjadi lebih kuat dan terpusat sesuai keinginan komunitas adat dan masyarakat. Tahap penyampaian informasi dan komunikasi dimulai dengan pelibatan awal yang menunjukkan partisipasi individu sebagai sumber informasi bagi orang lain. Selanjutnya, pada tahap pelibatan masyarakat, terdapat upaya untuk melibatkan masyarakat melalui ide dan pelaksanaan. Tahap kemitraan, pelibatan dilakukan dengan membangun kepercayaan dan mengembangkan aspek ekonomi melalui aktivitas berdagang dan usaha wisata lainnya. Partisipasi dan pemberdayaan masyarakat belum sepenuhnya tercapai dan belum ditemukan strategi yang efektif untuk mengatasi tantangan dalam community engagement.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelibatan komunitas, komunikasi pembangunan, partisipasi, pemberdayaan, pariwisata |
Subjects: | Magister Ilmu Komunikasi > Manajemen Komunikasi Publik |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 27 May 2025 09:19 |
Last Modified: | 27 May 2025 09:19 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/34137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |