WIJAYANTI, MIKE (2009) PENGARUH KETERLIBATAN KONSUMEN TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0EM14328.pdf Download (985kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1EM14328.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2EM14328.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3EM14328.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
||
Text (Bab IV)
4EM14328.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
||
|
Text (Bab V)
5EM14328.pdf Download (642kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterlibatan normatif, keterlibatan resiko subjektif, keterlibatan jangka panjang, keterlibatan situasional terhadap kepercayaan merek pada produk kosmetik, dan pengaruh kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden yang merupakan konsumen yang sedang berbelanja produk kosmetik di pusat perbelanjaan di Yogyakarta dan konsumen yang berada di tempat kost mahasiswa putri. Analisis data menggunakan Path Analysis dengan menggunakan software Amos versi 6.0. Metode analisis yang digunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil analisis karakteristik responden menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterlibatan resiko subjektif dan kepercayaan merek antar kelompok pendidikan, kelompok pendidikan tinggi mempunyai keterlibatan resiko subjektif dan kepercayaan merek lebih rendah daripada kelompok pendidikan rendah. Keterlibatan normatif berpengaruh positif terhadap kepercayaan merek pada produk kosmetik. Meningkatnya keterlibatan normatif pada konsumen akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek. Keterlibatan resiko subjektif tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan merek. Dalam kasus ini kekhawatiran konsumen bila salah memilih merek tidak mempengaruhi keepercayaan terhadap merek. Keterlibatan jangka panjang berpengaruh positif terhadap kepercayaan merek. Semakin tinggi keterlibatan jangka panjang konsumen, maka semakin tinggi pula kepercayaan konsumen terhadap produk kosmetik. Keterlibatan situasional berpengaruh positif terhadap kepercayaan merek. Pada situasi tertentu, konsumen cenderung semakin percaya terhadap merek kosmetik ketika merek tersebut banyak direkomendasikan oleh konsultan kecantikan atau merupakan merek yang populer. Kepercayaan merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik. Kepercayaan merek berperan penting dalam keputusan pembelian pada produk kosmetik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterlibatan konsumen, kepercayaan merek, keputusan pembelian kosmetik |
Subjects: | Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 31 Jul 2013 10:54 |
Last Modified: | 31 Jul 2013 10:54 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3439 |
Actions (login required)
View Item |