Sinaga, Ronald Martin (2005) PERILAKU LENTUR BAJA PROFIL C TUNGGAL DENGAN MENGGUNAKAN PERKUATAN TULANGAN ARAH VERTIKAL. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS10263.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS10263.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS10263.pdf Download (86kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS10263.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
||
Text (Bab IV)
4TS10263.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
||
Text (Bab V)
5TS10263.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS10263.pdf Download (601kB) | Preview |
Abstract
PERILAKU LENTUR BAJA PROFIL C TUNGGAL DENGAN MENGGUNAKAN PERKUATAN TULANGAN ARAN VERTIKAL, Ronald Martin Sinaga, No. Mhs : 10263 tahun 2000, PPS Struktur, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Baja profil C sering digunakan sebagai balok gording dan mengalami pembebanan lentur. Baja profil kanal C mempunyai rasio lebar terhadap tebal (b/t) yang tinggi sehingga menjadi tidak stabil (stabilitasnya rendah) dan rawan terhadap bahaya tekuk (local buckling) serta kemampuan lenturnya rendah. Bahaya tekuk lokal ini dapat dihindari dengan meningkatkan tegangan kritisnya dengan Cara penambahan perkuatan tulangan arah vertikal sehingga baja profil kanal C menjadi lebih stabil. Pada penelitian ini diuji perilaku lentur baja profil C dengan penambahan perkuatan tulangan arah vertikal yang kemudian akan dibandingkan dengan baja profil C tanpa perkuatan. Perkuatan tulangan diberikan pads sayap bebas baja profil C dengan variasi jarak kelipatan tingginya. Ada empat variasi jarak yang dilakukan yaitu h, 3/2h, 2h, dan 5/2h. Dari penelitian diperoleh tegangan leleh () baja profil C sebesar 211,1509 MPa, tegangan leleh baja tulangan sebesar 357,9048 MPa, dan beban patah las sebesar 10,2024 KN. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penambahan perkuatan tulangan arah vertikal dapat meningkatkan nilai tegangan lentur (fb) baja profit kanal C. Pada jarak perkuatan 5/2h terjadi peningkatan nilai tegangan lentur sebesar 69,26%, pads jarak perkuatan 2h peningkatan sebesar 109,34%, pada jarak perkuatan 3/2h peningkatan sebesar 131,81%, dan pads jarak perkuatan lh peningkatan sebesar 153,34% terhadap nilai tegangan lentur baja profil C tanpa perkuatan yang nilainya sebesar 19,47 MPa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | profil C, stabilitas, local buckling, tegangan lentur |
Subjects: | Sipil > Manajemen Konstruksi Sipil > Manajemen Konstruksi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 06 Aug 2013 10:24 |
Last Modified: | 06 Aug 2013 10:24 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3516 |
Actions (login required)
View Item |