PERILAKU LENTUR BAJA PROFIL C TUNGGAL DENGAN MENGGUNAKAN PERKUATAN TULANGAN ARAH VERTIKAL

Sinaga, Ronald Martin (2005) PERILAKU LENTUR BAJA PROFIL C TUNGGAL DENGAN MENGGUNAKAN PERKUATAN TULANGAN ARAH VERTIKAL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS10263.pdf

Download (292Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS10263.pdf

Download (81Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS10263.pdf

Download (84Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS10263.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS10263.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS10263.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TS10263.pdf

Download (587Kb)

Abstract

PERILAKU LENTUR BAJA PROFIL C TUNGGAL DENGAN MENGGUNAKAN PERKUATAN TULANGAN ARAN VERTIKAL, Ronald Martin Sinaga, No. Mhs : 10263 tahun 2000, PPS Struktur, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Baja profil C sering digunakan sebagai balok gording dan mengalami pembebanan lentur. Baja profil kanal C mempunyai rasio lebar terhadap tebal (b/t) yang tinggi sehingga menjadi tidak stabil (stabilitasnya rendah) dan rawan terhadap bahaya tekuk (local buckling) serta kemampuan lenturnya rendah. Bahaya tekuk lokal ini dapat dihindari dengan meningkatkan tegangan kritisnya dengan Cara penambahan perkuatan tulangan arah vertikal sehingga baja profil kanal C menjadi lebih stabil. Pada penelitian ini diuji perilaku lentur baja profil C dengan penambahan perkuatan tulangan arah vertikal yang kemudian akan dibandingkan dengan baja profil C tanpa perkuatan. Perkuatan tulangan diberikan pads sayap bebas baja profil C dengan variasi jarak kelipatan tingginya. Ada empat variasi jarak yang dilakukan yaitu h, 3/2h, 2h, dan 5/2h. Dari penelitian diperoleh tegangan leleh () baja profil C sebesar 211,1509 MPa, tegangan leleh baja tulangan sebesar 357,9048 MPa, dan beban patah las sebesar 10,2024 KN. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penambahan perkuatan tulangan arah vertikal dapat meningkatkan nilai tegangan lentur (fb) baja profit kanal C. Pada jarak perkuatan 5/2h terjadi peningkatan nilai tegangan lentur sebesar 69,26%, pads jarak perkuatan 2h peningkatan sebesar 109,34%, pada jarak perkuatan 3/2h peningkatan sebesar 131,81%, dan pads jarak perkuatan lh peningkatan sebesar 153,34% terhadap nilai tegangan lentur baja profil C tanpa perkuatan yang nilainya sebesar 19,47 MPa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: profil C, stabilitas, local buckling, tegangan lentur
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Aug 2013 10:24
Last Modified: 06 Aug 2013 10:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3516

Actions (login required)

View Item View Item