Saputri, Ayu (2013) STUDI EKSPLORASI WORD OF MOUTH DI TOKO BUKU DISKON TOGAMAS. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0EM15209.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1EM15209.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2EM15209.pdf Download (102kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3EM15209.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
||
Text (Bab IV)
4EM15209.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
||
|
Text (Bab V)
5EM15209.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Bagaimana Toko Buku Diskon Togamas menempatkan WOM di dalam strategi pemasaran di tingkat lokal. (2) Untuk memetakan apa saja strategi WOM yang telah dilaksanakan oleh Toko Buku Diskon Togamas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus deskriptif. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling atau dilakukan dengan tujuan tertentu. Pengambilan data diawali dengan pemilihan informan kunci (key informan). Selanjutnya dengan teknik snowball sampling, dari key informan tersebut didapat sejumlah nama pimpinan bagian atau pegawai yang bertanggungjawab pada promosi dan pemasaran. Selain itu untuk triangulasi juga dilakukan wawancara mendalam terhadap pelanggan yang memiliki keterikatan dengan Toko Buku Diskon Togamas yang ditunjukkan dengan keikutsertaan pada program keanggotaan maupun komentar aktif pada website yang terkoneksi dengan Toko Buku Diskon Togamas. Dari 10 orang calon informan yang disasar hanya delapan orang informan saja yang dapat diwawancara. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa unit usaha yang menjadi obyek penelitian, yakni Togamas menyadari makna WOM, memahami konsep WOM namun tidak memiliki strategi WOM maupun gagasan yang sistematis untuk mengimplementasikan WOM di unit usahanya. Situasi ini sebenarnya menunjukkan belum cukupnya pemahaman mengenai urgensi WOM untuk peningkatan performa penjualan. Manajemen Togamas menyadari bahwa banyak pelanggan mengenali performa baik toko buku melalui ‘gethok tular’ dari satu pelanggan ke pelanggan lain. Togamas sesungguhnya memiliki keunggulan berupa pelanggan setia dari perseorangan maupun institusi yang dapat berperan sebagai pembawa opini. Disini sesungguhnya diperlukan kesungguhan dari manajemen Togamas untuk melihat kekuatan dan kelemahan dari praktek WOM yang dimilikinya, untuk kemudian merumuskan strategi yang lebih jitu untuk meningkatkan performance unit usaha dan mendongkrak penjualan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Word of Mouth, Strategi Pemasaran, Peta Strategi Word of Mouth, Toko Buku Diskon Togamas. |
Subjects: | Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 23 Sep 2013 08:13 |
Last Modified: | 23 Sep 2013 08:13 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3901 |
Actions (login required)
View Item |