KOMPLAIN KONSUMEN DAN RESPON PERUSAHAAN DI SITUS KOMPAS ONLINE (WWW.KOMPAS.COM)

Purnamasari, Yurike Devina (2013) KOMPLAIN KONSUMEN DAN RESPON PERUSAHAAN DI SITUS KOMPAS ONLINE (WWW.KOMPAS.COM). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM17541.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM17541.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM17541.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EM17541.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM17541.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EM17541.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komplain dan respon perusahaan di Indonesia. Khususnya melalui media Surat Pembaca Koran Kompas Online periode Januari sampai dengan Maret 2012. Harapannya penelitian ini berguna untuk membantu konsumen dalam proses pembelian suatu produk dan hasil analisis komplain dapat digunakan perusahaan untuk menyusun strategi penanganan komplain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis. Data dikumpulkan dan dianalisis dengan sistematik. Pengelompokan industri menggunakan ISCI (International Standard Classification of Industry). Hasil penelitiannya adalah dari 1.230 surat, 1.067 surat adalah jenis surat komplain. Orang mengirim surat paling banyak pada hari Selasa dengan jumlah 257 surat. Jam mengirim surat terbanyak pada jam 09.00-11.59 dengan jumlah 296 surat. Lokasi pengirim surat paling banyak yaitu DKI Jakarta dengan 567 surat. Pengirim terbanyak laki-laki dengan 936 surat. Pihak perusahaan yang paling banyak merespon adalah Muharzi Hasril (Indovision dan Top TV) sebanyak 36 surat. Industri terbanyak dengan kode 6420 adalah telekomunikasi dengan 318 surat. Merek terbanyak dikomplain adalah Telkomsel dengan 133 surat. Aspek yang dikeluhkan terbanyak adalah produk dengan 636 surat. Respon perusahaan terbanyak ke konsumen 1 hari dengan 19 surat. Respon perusahaan terbanyak ke media 1 hari dengan 14 surat. Jenis respon terbanyak adalah klarifikasi dengan 118 surat. Aspek lain meliputi pemberitahuan penyelesaian permasalahan dengan JNE, Proton Saga, Telkom, XL yang masing-masing sebanyak 2 surat dan lainnya mengenai pemberitahuan informasi yang berguna bagi masyarakat. Hal menarik meliputi ungkapan unik dan menggelitik yang dilontarkan oleh konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: surat kabar, surat komplain dan surat tanggapan.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Sep 2013 09:27
Last Modified: 23 Sep 2013 09:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3911

Actions (login required)

View Item View Item