Wulandari, Bhita (2013) ANALISIS KUALITAS RELASI ANTARAm PT. COCA-COLA AMATIL INDONESIA (CCAI), CENTRAL JAVA UNGARAN DENGAN KOMUNITAS LOKAL PERUSAHAAN. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03793.pdf Download (789kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03793.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2KOM03793.pdf Download (300kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3KOM03793.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03793.pdf Download (338kB) | Preview |
Abstract
Sebuah organisasi tidak akan terlepas dari peranan komunitas di dalamnya. Hal tersebut dikarenakan adanya hubungan yang saling ketergantungan antara organisasi dengan komunitas sekitarnya. Tanpa adanya campur tangan komunitas, maka sebuah organisasi tidak akan bisa menjalankan aktivitasnya dengan lancar. Melihat pentingnya hal tersebut, maka sebuah organisasi wajib mengetahui kualitas hubungannya yang selama ini dibangun dengan komunitas. Berdasarkan konsep dari Ledingham dan Bruning, kualitas relasi antara organisasi dan komunitasnya dapat diukur dengan menggunakan empat dimensi, yaitu trust, satisfaction, commitment, dan control mutuality. Semakin tinggi tingkat empat dimensi tersebut, maka hubungan yang mereka jalin semakin memiliki kualitas yang baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kualitas relasi antara Ring I dan Ring II. Perbedaan tersebut dikarenakan fokus PT. Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) Central Java Ungaran tertuju pada Ring I, sehingg Ring II kurang mendapatkan perhatian dan berujung pada kualitas relasi yang kurang baik. Meskipun memiliki perbedaan, tetapi dari dua ring tersebut memiliki tingkat komitmen yang tinggi. Tingkat komitmen yang tinggi tersebut dikarenakan komunitas menghargai komitmen yang telah dibangun ketika mereka memutuskan untuk menjalin hubungan. Meskipun demikian, tingkat control mutuality yang dimiliki oleh komunitas masih cenderung rendah karena komunitas masih kurang memiliki kesempatan untuk mengungkapkan pendapatnya dan memberikan kontrol akan aktivitas yang dijalankan oleh organisasi. Tingkat kepercayaan dan kepuasan yang dimiliki oleh komunitas tehadap aktivitas hubungan komunitas yang dijalankan oleh PT. CCAI Central Java Ungaran masih perlu ditingkatkan lagi, mengingat masih terdapat komunitas yang belum bisa mendapatkan manfaat dari hubungan yang selama ini mereka jalin dengan organisasi. Hasil studi ini diharapkan berguna bagi pihak-pihak yang membutuhkan misalnya bagi perusahaan, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan bahan pertimbangan untuk memperbaiki hubungannya dengan komunitas, terlebih dengan memperhatikan empat dimensi yang telah disebutkan di atas, sehingga dapat digunakan untuk mempertahankan hubungan dan menjalin hubungan yang lebih berkualitas antara perusahaan dengan komunitasnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Relasi Organisasi Dengan Komunitas |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 23 Sep 2013 13:28 |
Last Modified: | 23 Sep 2013 13:28 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3917 |
Actions (login required)
View Item |