ANALISIS KUALITAS RELASI ANTARAm PT. COCA-COLA AMATIL INDONESIA (CCAI), CENTRAL JAVA UNGARAN DENGAN KOMUNITAS LOKAL PERUSAHAAN

Wulandari, Bhita (2013) ANALISIS KUALITAS RELASI ANTARAm PT. COCA-COLA AMATIL INDONESIA (CCAI), CENTRAL JAVA UNGARAN DENGAN KOMUNITAS LOKAL PERUSAHAAN. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03793.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03793.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM03793.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM03793.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03793.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Sebuah organisasi tidak akan terlepas dari peranan komunitas di dalamnya. Hal tersebut dikarenakan adanya hubungan yang saling ketergantungan antara organisasi dengan komunitas sekitarnya. Tanpa adanya campur tangan komunitas, maka sebuah organisasi tidak akan bisa menjalankan aktivitasnya dengan lancar. Melihat pentingnya hal tersebut, maka sebuah organisasi wajib mengetahui kualitas hubungannya yang selama ini dibangun dengan komunitas. Berdasarkan konsep dari Ledingham dan Bruning, kualitas relasi antara organisasi dan komunitasnya dapat diukur dengan menggunakan empat dimensi, yaitu trust, satisfaction, commitment, dan control mutuality. Semakin tinggi tingkat empat dimensi tersebut, maka hubungan yang mereka jalin semakin memiliki kualitas yang baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kualitas relasi antara Ring I dan Ring II. Perbedaan tersebut dikarenakan fokus PT. Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) Central Java Ungaran tertuju pada Ring I, sehingg Ring II kurang mendapatkan perhatian dan berujung pada kualitas relasi yang kurang baik. Meskipun memiliki perbedaan, tetapi dari dua ring tersebut memiliki tingkat komitmen yang tinggi. Tingkat komitmen yang tinggi tersebut dikarenakan komunitas menghargai komitmen yang telah dibangun ketika mereka memutuskan untuk menjalin hubungan. Meskipun demikian, tingkat control mutuality yang dimiliki oleh komunitas masih cenderung rendah karena komunitas masih kurang memiliki kesempatan untuk mengungkapkan pendapatnya dan memberikan kontrol akan aktivitas yang dijalankan oleh organisasi. Tingkat kepercayaan dan kepuasan yang dimiliki oleh komunitas tehadap aktivitas hubungan komunitas yang dijalankan oleh PT. CCAI Central Java Ungaran masih perlu ditingkatkan lagi, mengingat masih terdapat komunitas yang belum bisa mendapatkan manfaat dari hubungan yang selama ini mereka jalin dengan organisasi. Hasil studi ini diharapkan berguna bagi pihak-pihak yang membutuhkan misalnya bagi perusahaan, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan bahan pertimbangan untuk memperbaiki hubungannya dengan komunitas, terlebih dengan memperhatikan empat dimensi yang telah disebutkan di atas, sehingga dapat digunakan untuk mempertahankan hubungan dan menjalin hubungan yang lebih berkualitas antara perusahaan dengan komunitasnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Relasi Organisasi Dengan Komunitas
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Sep 2013 13:28
Last Modified: 23 Sep 2013 13:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3917

Actions (login required)

View Item View Item