Manubawa, Yoseph (2013) EFEKTIVITAS MOBILE ADVERTISING DALAM IKLAN REGULER EVENT PARTY (Analisis Efektivitas Penyampaian Pesan Iklan Reguler Event Party Melalui Broadcast Blackberry Messenger (BBM) menggunakan EPIC Model Di Hugo’s Café Yogyakarta Tahun 2013). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03024.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03024.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2KOM03024.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3KOM03024.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03024.pdf Download (376kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyampaian pesan iklan melalui broadcast di Blackberry Messengger (BBM) Hugo’s Café berdasarkan EPIC model (Emphaty, Persuation, Impact, and Communication). Teori-teori yang digunakan dalam penelitian yakni teori Computer Mediated Communication (CMC) dan teori tentang EPIC model. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan pengguna BBM yang sudah jadi member di Hugo’s, Café sedangkan sampel dalam sebanyak adalah 95 orang yang dikumpulkan dengan teknik simpel random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi Empaty tergolong dalam kategori efektif (nilai 3.6816 terletak di antara 3,41 sampai dengan 4,2). Hal ini menunjukkan bahwa promosi yang dilihat melalui media BBM dianggap sesuai. Dimensi Persuation tergolong dalam kategori efektif (nilai 3,4447 terletak di antara 3,41 sampai dengan 4,2). Kondisi ini menggambarkan bahwa dampak promosi terhadap keinginan konsumen untuk membeli serta memperoleh gambaran suatu promosi dalam dianggap dapat dipercaya, memiliki kemampuan untuk menyakinkan dan menarik. Dimensi Impact tergolong dalam kategori efektif (nilai 3,4877 terletak di antara 3,41 sampai dengan 4,2). Kondisi ini menggambarkan bahwa Iklan BBM reguler event Hugo’s Café merupakan iklan yang berbeda dengan iklan BBM Café lain, serta memiliki tawaran diskon yang menarik dan menganggap bahwa BBM adalah media yang cukup cocok untuk mengiklankan reguler event Hugo’s Cafe. Dimensi Communication dalam kategori efektif (nilai 4,5500 terletak di antara 3,41 sampai dengan 4,2). Kondisi ini menggambarkan bahwa penggunaan bahasa dalam iklan BBM reguler event di Hugo’s Café mudah dimengerti, serta menggunakan kata-kata yang menarik dan tema-tema dalam reguler event di Hugo’s Café mudah diingat dan iklan reguler event Hugo’s Café melalui BBM merupakan suatu iklan yang informatif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Computer Mediated Communication (CMC), EPIC model, Empaty, Persuation, Impact dan Communication. |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 24 Sep 2013 08:14 |
Last Modified: | 24 Sep 2013 08:15 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3923 |
Actions (login required)
View Item |