ANALISIS PERBEDAAN KINERJA PUBLIC RELATIONS INSTITUSI PEMERINTAH DAN PERUSAHAAN DITINJAU DARI PUBLISITAS DI MEDIA SURAT KABAR KASUS DI PEMDA DIY DAN TELKOMSEL DI YOGYAKARTA

Anggrahita, Debora Dayu Ajeng (2013) ANALISIS PERBEDAAN KINERJA PUBLIC RELATIONS INSTITUSI PEMERINTAH DAN PERUSAHAAN DITINJAU DARI PUBLISITAS DI MEDIA SURAT KABAR KASUS DI PEMDA DIY DAN TELKOMSEL DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03439.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03439.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM03439.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM03439.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03439.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Public Relations (PR) memiliki tolak ukur keberhasilan upaya dan pencapaian tujuan, disebut dengan kinerja. Salah satu kinerja PR yaitu melakukan kegiatan komunikasi tertulis sebagai upaya untuk mendapatkan porsi pemberitaan di media massa, disebut dengan publisitas. Institusi tidak memberi harga untuk ini karena tidak meminta media untuk memuat. Publisitas didokumentasikan kedua institusi menjadi kliping untuk kemudian diukur dan dianalisa. Kliping yang telah melalui proses tersebut digunakan peneliti untuk mencari perbedaan. Media massa yang digunakan untuk mengukur publisitas adalah surat kabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja PR antara institusi pemerintah dan perusahaan ditinjau dari publisitas di media surat kabar. Analisis perbedaan dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yang dianalisis dalam penelitian ini adalah kliping-kliping yang telah didokumentasikan oleh Telkomsel dan Pemda DIY. Rentang waktu yang diambil adalah Juli-Agustus 2012 yakni bertepatan dengan masa lebaran dan libur sekolah di mana Pemda DIY dan Telkomsel sebagai perusahaan provider banyak menyelenggarakan event. Selama rentang waktu tersebut dengan menggunakan random sampling, peneliti menemukan 178 buah kliping Telkomsel dan 168 buah kliping Pemda DIY. Kliping-kliping tersebut dianalisis menggunakan panduan tabel apPRaise (riset evaluasi media) berdasarkan unit analisis jangkauan siar, jangkauan wilayah, penyebutan nama dalam artikel dan pesan kehumasan event; serta metode uji beda. Data kuantitatif digunakan untuk menemukan perbedaan kinerja PR ditinjau dari publisitas. Data kualitatif diperoleh berdasarkan wawancara bebas terpimpin dengan Corporate Communication Telkomsel dan Kepala Sub Bagian Publikasi, Dokumentasi dan Media Massa Pemda DIY. Data kualitatif digunakan untuk memeroleh temuan data dan menginterpretasi penentu kinerja PR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja PR Pemda DIY berdasarkan kinerja publisitas berbeda dan lebih baik dari Telkomsel. Penentu publisitas adalah dominasi berita Pemda DIY dan penggunaan nama besar Sultan Hamengkubono X. Latar belakang pendidikan kehumasan bukan hal penting yang memengaruhi kinerja PR. Kinerja PR tergantung dari pembentukan tim sesuai peran dan fungsi praktisi dalam sebuah institusi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : kinerja PR, publisitas, evaluasi media.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Sep 2013 09:34
Last Modified: 24 Sep 2013 09:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3933

Actions (login required)

View Item View Item