Anggraeni, Ira Tania (2013) USULAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE DINESERV DI PASTA BANGET, YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TI05768.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TI05768.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TI05768.pdf Download (601kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TI05768.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
||
Text (Bab IV)
4TI05768.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
||
Text (Bab V)
5TI05768.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TI05768.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pasta Banget merupakan salah satu restoran yang mengusung tema menu makanan Italy di Yogyakarta. Banyaknya pesaing sejenis membuat Pasta Banget perlu melakukan peningkatan kualitas pelayanan agar pelanggan tertarik mengunjungi Pasta Banget. Sebelum meningkatkan kualitas pelayanan, perlu mengetahui atribut pelayanan yang dinilai belum memuaskan oleh pelanggan agar solusi peningkatan yang diberikan tepat dengan keinginan pelanggan. Metode yang digunakan adalah DINESERV. Metode ini mengandung 5 dimensi (tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy) dan 32 atribut untuk mengukur kualitas pelayanan. Kuesioner dibuat berdasarkan pada SERVPERF yang tidak menghitung gap antara persepsi dan ekspektasi, namun berdasarkan kinerja dari jasa yang dirasakan sekarang. Perancangan solusi dilakukan pada 3 atribut dengan nilai mean terendah menggunakan metode TRIZ. Tiga atribut dengan mean terendah secara berturut-turut adalah tampak luar bangunan yang tidak menarik, daftar menu tidak mudah dibaca, dipahami, dan tidak menarik serta konsistensi cita rasa masakan. Perancangan solusi dari tampak luar bangunan yang tidak menarik yaitu dengan menambahkan lampu hiasan penerang, menjalankan jadwal perawatan luar bangunan sesuai SOP, dan merancang ulang bentuk plang restoran dari bentuk bulat ke bentuk asimetris. Solusi untuk tampilan menu agar lebih mudah dibaca, dipahami, dan menarik adalah perancangan buku menu baru. Solusi untuk konsistesi cita rasa adalah dengan progam pelatihan koki dan menjalankan kerjasama antara koki dengan pihak manajemen untuk memperjelas pertukaran informasi jumlah bahan baku.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas, pelayanan, restoran, DINESERV, SERVPERF, TRIZ |
Subjects: | Teknik Industri > Produksi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 30 Sep 2013 13:17 |
Last Modified: | 30 Sep 2013 13:17 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3988 |
Actions (login required)
View Item |