USULAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE DINESERV DI PASTA BANGET, YOGYAKARTA

Anggraeni, Ira Tania (2013) USULAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE DINESERV DI PASTA BANGET, YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TI05768.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TI05768.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TI05768.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TI05768.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text (Bab IV)
4TI05768.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text (Bab V)
5TI05768.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TI05768.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pasta Banget merupakan salah satu restoran yang mengusung tema menu makanan Italy di Yogyakarta. Banyaknya pesaing sejenis membuat Pasta Banget perlu melakukan peningkatan kualitas pelayanan agar pelanggan tertarik mengunjungi Pasta Banget. Sebelum meningkatkan kualitas pelayanan, perlu mengetahui atribut pelayanan yang dinilai belum memuaskan oleh pelanggan agar solusi peningkatan yang diberikan tepat dengan keinginan pelanggan. Metode yang digunakan adalah DINESERV. Metode ini mengandung 5 dimensi (tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy) dan 32 atribut untuk mengukur kualitas pelayanan. Kuesioner dibuat berdasarkan pada SERVPERF yang tidak menghitung gap antara persepsi dan ekspektasi, namun berdasarkan kinerja dari jasa yang dirasakan sekarang. Perancangan solusi dilakukan pada 3 atribut dengan nilai mean terendah menggunakan metode TRIZ. Tiga atribut dengan mean terendah secara berturut-turut adalah tampak luar bangunan yang tidak menarik, daftar menu tidak mudah dibaca, dipahami, dan tidak menarik serta konsistensi cita rasa masakan. Perancangan solusi dari tampak luar bangunan yang tidak menarik yaitu dengan menambahkan lampu hiasan penerang, menjalankan jadwal perawatan luar bangunan sesuai SOP, dan merancang ulang bentuk plang restoran dari bentuk bulat ke bentuk asimetris. Solusi untuk tampilan menu agar lebih mudah dibaca, dipahami, dan menarik adalah perancangan buku menu baru. Solusi untuk konsistesi cita rasa adalah dengan progam pelatihan koki dan menjalankan kerjasama antara koki dengan pihak manajemen untuk memperjelas pertukaran informasi jumlah bahan baku.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas, pelayanan, restoran, DINESERV, SERVPERF, TRIZ
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Sep 2013 13:17
Last Modified: 30 Sep 2013 13:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3988

Actions (login required)

View Item View Item