ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA DOSEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

Setiawan, Albertus Fendy (2006) ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA DOSEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EM12845.pdf

Download (173Kb)
[img] Text (Bab I)
1EM12845.pdf

Download (185Kb)
[img] Text (Bab II)
2EM12845.pdf

Download (278Kb)
[img] Text (Bab III)
3EM12845.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475Kb)
[img] Text (Bab IV)
4EM12845.pdf

Download (521Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas dan arah pengaruh kinerja dosen yang meliputi penyampaian materi, penguasaan materi, disiplin kerja dan penilaian dosen serta kepuasan tangible terhadap kepuasan mahasiswa FE UAJY; terdapat/tidaknya variabel independent yang tidak memuaskan; terdapat/tidaknya perbedaan kepuasan mahasiswa FE UAJY jika dilihat dari perbedaan dalam keenam karakteristik mahasiswa (usia, tahun angkatan, program studi, IPK, daerah-asal dan jarak tempat-tinggal mahasiswa dengan kampus FE UAJY). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 150 orang responden yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Analisis data menggunakan uji t satu sampel, regresi linier berganda, dan analisis varians (ANOVA). Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa penyampaian materi, penguasaan materi, disiplin kerja, penilaian dosen dan kepuasan tangible berpengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa FE UAJY secara simultan dan individual. Hasil ini didukung oleh uji F dan uji t yang mempunyai nilai probabilitas kurang dari 0,05 (p<0,05), serta nilai adjusted R sebesar 0,509. Berdasarkan uji satu sampel disimpulkan bahwa mahasiswa merasa lebih dari cukup puas dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh dosen (mean=3,29), disiplin kerja dosen (mean=3,09), dan penilaian dosen (mean=3,17) serta tingkat kepuasan mahasiswa secara keseluruhan (mean=3,26). Hal ini didukung oleh nilai signifikansi yang kurang dari 0,05 (p<0,05) dengan nilai uji 3,00. Mahasiswa merasa cukup puas dengan penguasaan materi yang dimiliki dosen (mean=3,05) dan faktor tangible (mean=3,03). Hal ini didukung oleh nilai signifikansi yang lebih besar dari 0,05 (p>0,05) dengan nilai uji 3,00. Hasil uji ANOVA satu jalur disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penguasaan materi, disiplin kerja, penilaian dosen, tangible, dan kepuasan mahasiswa secara keseluruhan antar tahun-angkatan mahasiswa. Ada perbedaan yang signifikan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penyampaian materi, penguasaan materi, disiplin kerja, penilaian dosen, dan kepuasan mahasiswa secara keseluruhan antar program studi. Ada perbedaan yang signifikan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap tangible antar tingkat IPK mahasiswa. Tidak ada perbedaan yang signifikan (p>0,05) tingkat kepuasan mahasiswa terhadap semua variabel independent antar daerah-asal mahasiswa yang berbeda-beda. Ada perbedaan yang signifikan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penguasaan materi, disiplin kerja, dan penilaian dosen antar jarak tempat-tinggal mahasiswa dengan kampus. Hal ini didukung oleh nilai signifikansi yang kurang dari 0,05 (p<0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Oct 2013 12:06
Last Modified: 14 Oct 2013 12:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4046

Actions (login required)

View Item View Item