LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS SENI DI SEWON, BANTUL

Jesica, Clara (2013) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS SENI DI SEWON, BANTUL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TA12922.pdf

Download (3366Kb)
[img] Text (Bab I)
1TA12922.pdf

Download (345Kb)
[img] Text (Bab II)
2TA12922.pdf

Download (1543Kb)
[img] Text (Bab III)
3TA12922.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TA12922.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1087Kb)
[img] Text (Bab V)
5TA12922.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3248Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TA12922.pdf

Download (1911Kb)

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Seni di Yogyakarta merupakan suatu bangunan yang berfungsi sebagai pendidikan formal pertama setelah pendidikan keluarga dengan menggunakan metode pembelajaran seni. Metode pembelajaran yang ada dalam Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Seni yaitu dengan menggabungkan antara seni rupa, seni musik dan seni tari. Secara umum tujuan yang ingin dicapai adalah menciptakan Pendidikan Anak Usia Dini yang dapat memberikan imajinasi bagi anak serta memberikan perasaan yang menyenangkan dalam belajar. Hal ini dikarenakan Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan pertama setelah pendidikan di rumah. Permasalahan yang diangkat adalah untuk mewujudkan bangunan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Seni yang berkarakter kreatif berdasarkan pendekatan perkembangan anak dalam pendidikan berbasis seni sehingga menimbulkan imajinasi anak untuk berkreasi. Prinsip desain dari Pendidikan Anak Usia Dini ini adalah menciptakan Pendidikan Anak Usia Dini yang mewadahi kegiatan seni anak sebagai metode pengajaran. Pendidikan Anak Usia Dini ini juga dikembangkan berdasarkan tahapan kemampuan anak terutama dalam bidang seni. Untuk itu maka bangunan harus berkarakter kreatif dan bertema seni. Pengembangan desain dari karakter kreatif dan seni adalah dengan menerapkan tema-tema dongeng pada ruang-ruang belajar anak. Selain itu, ruang kelas dibagi menjadi beberapa zona sehingga anak tidak hanya belajar dalam 1 ruangan saja, namun memiliki beberapa kelas untuk belajar. Hal ini juga dilakukan untuk mendukung konsep kreatif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Nov 2013 09:21
Last Modified: 08 Nov 2013 09:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4228

Actions (login required)

View Item View Item