Febrianti, Francisca Hanna (2013) PERBANDINGAN IMPLEMENTASI ADVERTISING CAMPAIGN (Studi Dokumen tentang Perbandingan Implementasi Kampanye Coca Cola “Open Happiness” Versus Pepsi “Refresh Everything” Periode 2009 – 2011). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03619.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03619.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2KOM03619.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3KOM03619.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03619.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Advertising campaign merupakan serangkaian bentuk iklan melalui berbagai media dan berpusat pada satu tema dalam satu waktu. Tujuan utama dari advertising campaign adalah menyampaikan pesan dalam suatu tema yang diluncurkan kepada masyarakat sehingga tema tersebut menjadi ciri khas produk. Peluncuran tema campaign oleh Coca Cola dan Pepsi yang merupakan rival dalam kategori beverage merupakan obyek dari penelitian ini. Kesuksesan sebuah tema advertising campaign dilihat dengan menggunakan parameter yaitu komponen Integrated Marketing Communication, alat bantu advertising campaign, tingkat keterlibatan audience serta tingkat penjualan dan market share. Penelitian implementasi advertising campaign menurut kompetitor ini menggunakan metode studi dokumen. Dokumen yang dijadikan sumber data pada penelitian diambil dari berbagai situs yang menyediakan bentuk – bentuk implementasi termasuk artikel yang memiliki keterkaitan dengan tema advertising campaign Coca Cola Open Happiness dan Pepsi Refresh Everything. Hasil yang diperoleh setelah membandingkan implementasi advertising campaign antara tema Open Happiness dan Refresh Everything adalah pelaksanaan tema Open Happiness lebih berhasil daripada Refresh Everything. Kesimpulan tersebut diambil melalui parameter yang digunakan. Coca Cola meraih banyak audience dalam interactive media, penjualan meningkat dan market share tetap berada pada posisi 1 skala global karena mengintegrasikan semua komponen secara optimal. Pepsi sendiri lebih banyak mengkomunikasikan pesan tema melalui customer relationship marketing dan interactive media. Penggunaan semua komponen advertising campaign yang tidak seimbang mengantarkan Pepsi mengalami kejatuhan market share di tahun 2010 dan 2011 di bawah Diet Cola. Penelitian ini memberikan beberapa saran dari segi akademis bahwa perlu adanya pengerucutan dalam mempelajari implementasi advertising campaign menurut kompetitor dan penggunaan artikel disarankan menggunakan website yang kompeten. Sedangkan dari segi praktis kesuksesan sebuah tema advertising campaign akan diraih jika penyampaian pesan berada di semua level sehingga menjangkau masyarakat secara luas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Advertising Campaign, Kompetitor, Open Happiness, Refresh Everything. |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 12 Nov 2013 09:12 |
Last Modified: | 12 Nov 2013 09:12 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4244 |
Actions (login required)
View Item |