Sihombing, Nelson Sotarduga (2013) PROSES PEMBENTUKAN CITRA MELALUI INTERIOR STORE (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Proses Pembentukan Citra House of Raminten di Benak Konsumen Melalui interior Store). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03663.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03663.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2KOM03663.pdf Download (381kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3KOM03663.pdf Restricted to Registered users only Download (725kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03663.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Interior store House of Raminten menjadi salah satu bagian dari sebuah café, dimana pengunjung merasakan merek café tersebut salah satunya melalui sebuah interior House of Raminten. Pengunjung atau konsumen yang datang dan berada dalam lingkungan interior café dapat memaknai segala sesuatu yang dapatnya dari lingkungan interior tersebut dan membentuk sebuah citra atau persepsi tentang suatu House of Raminten. Citra tersebut dapat terbentuk berdasarkan sebuah proses pembentukan di benak konsumen. Proses pembentukan citra melalui interio store di benak konsumen dimulai dari pengunjung memperhatikan elemen interior store yang terdiri dari warna dan cahaya, kebersihan, musik, penampilan wiraniaga, aroma, perabotan dalam toko, tekstur dinding dalam, lorong ruang, lantai, transportasi antar lantai, teknologi, sehingga mendapatkan pengalaman indrawi, perasaan, berpikir, bertindak, dan berhubungan. Pengalaman tersebut membentuk sebuah citra yang merupakan kesatuan aspek dari tingkat perhatian, kesan, dan keyakinan pengunjung terhadap House of Raminten. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori proses komunikasi SMCR dengan tujuan untuk melihat bagaimana proses pembentukan citra tersebut, dan apakah citra tersebut sesuai dengan yang di harapkan oleh House of Raminten. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitiannya adalah responden yang sudah pernah dan belum pernah mengunjungi House of Raminten dan pihak House of Raminten. Teknik pengumpulan data dilakukan cara triangulasi data yang membandingkan antara data temua pada responden dengan data temuan dari pihak House of Raminten. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa proses pembentukan citra House of Raminten melalui interiorstore dimulai dari pengunjung memperhatikan element interior store dan mendapat pengalaman inderawi berupa indra penglihat, pendengar, pencium, pengalaman perasaan, berpikir, bertindak, dan berhubungan. Pengalaman yang didapat dari interior House of raminten memberikan citra House of Raminten sebagai sebuah café yang unik, klasik dengan konsep tradisional Jawa. Citra tersebut sesuai dengan apa yang diharapkan House of Raminten, Kesimpulan penelitian ini adalah konsep komunikasi SMCR dapat digunakan pada interior store, dimana interior berfungsi sebagai media yang membawa pesan untuk membentuk citra. Proses pembentukan didasari atas bagaimana elemen interior mampu memberikan pengalaman yang mengarahkan pengunjung pada sebuah perhatian, kesan, dan keyakinan sesuai yang diinginkan merek.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | citra, proses pembentukan citra, elemeninterior store, pengalaman merek. |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 12 Nov 2013 10:11 |
Last Modified: | 12 Nov 2013 10:11 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4248 |
Actions (login required)
View Item |