PENGARUH SIKAP PADA PROGRAM GREEN ADVERTISING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN

Septindo, Jenny Keita (2013) PENGARUH SIKAP PADA PROGRAM GREEN ADVERTISING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03740.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03740.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM03740.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM03740.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03740.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Green advertising mulai banyak digunakan oleh pemasar untuk menjalankan kegiatan promosi. Hal ini adalah dampak dari isu global warming yang menuntut masyarakat dunia untuk lebih sadar akan kegiatan go green. Kegiatan ini dinilai sangat menjanjikan karena masyarakat semakin terlihat royal dalam membeli produk yang dinilai sebagai produk yang peduli lingkungan. Secara akademis penelitian ini bermanfaat untuk menguji keberlakukan uses and gratification theory. Teori utama digunakan untuk melihat bagaimana responden mengonsumsi media sebagai bentuk pemenuhan kebutuhannya. Sikap menjadi salah satu faktor dalam mempengaruhi loyalitas. Menurut Kinnear dan Tylor (1987) sikap memiliki tiga komponen utama yaitu komponen kognitif, afektif dan behavioral. Menurut Giddens (2002) konsumen yang loyal terhadap suatu merek memiliki komitmen pada merek tersebut, berani membayar lebih pada merek tersebut bila dibandingkan dengan merek yang lain, Akan merekomendasikan merek tersebut pada orang lain, dalam melakukan pembelian kembali produk tersebut tidak melakukan pertimbangan, selalu mengikuti informasi yang berkaitan dengan merek tersebut, mereka dapat menjadi juru bicara dari merek tersebut dan mereka selalu mengembangkan hubungan dengan merek tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan cara menyebarkan kuisioner kepada 89 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang mensyaratkan respondennya sudah mengetahui program green advertising “Pilih, Minum, dan Remukan” ADES AMDK dan mengkonsumsi ADES AMDK dua kali atau lebih dalam seminggu. Teknik analisis data yang digunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh sikap pada program green advertising terhadap loyalitas konsumen ADES AMDK di SMA Kolese De Britto Yogyakarta. Berdasarkan hasil regresi sederhana menunjukkan bahwa sikap pada program green advertising memiliki nilai R: 0.466 dan Sig : 0.000 maka pengaruh sikap pada program green advertising memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap loyalitas konsumen. Variabel sikap pada program green advertising memberikan kontribusi sebesar 21.7% terhadap terbentuknya loyalitas. Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat diberikan peneliti kepada perusahaan yaitu dengan meningkatkan kegiatan komunikasi pemasaran. Salah satunya dengan meningkatkan komunikasi pemasaran melalui media on line untuk tetap menjaga hubungan baik dengan konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: green advertising, loyalitas konsumen, sikap, dan metode survey
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Nov 2013 10:58
Last Modified: 12 Nov 2013 10:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4254

Actions (login required)

View Item View Item