Renayan, Ellisabeth Devi (2013) PROSES KONSTRUKSI KEBIJAKAN SISTEM ONLINE TICKETING DI DIREKTORAT KOMERSIAL PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03925.pdf Download (809kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03925.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2KOM03925.pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3KOM03925.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03925.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
Sebuah organisasi berada pada lingkungan informasi. Hal ini menjadi salah satu aspek penting bagi organisasi untuk dinilai eksistensinya. Informasi yang datang dari lingkungan akan memunculkan sebuah ketidakjelasan. Untuk mengurangi hal tersebut dapat dilakukan analisis proses informasi organisasi dengan mengintepretasikan informasi dari lingkungan agar dapat mendukung pencapaian tujuan organisasi. Hal ini terdapat pada teori informasi organisasi menurut Karl Weick. PT. Kereta Api Indonesia merupakan salah satu angkutan jasa darat terbesar di Indonesia. PT. KAI dalam upaya penjualan jasa, ingin meningkatkan metode pelayanan perolehan tiket untuk penumpang dengan menggunakan sistem online dan mengurangi pembelian tiket di area stasiun. Untuk mendukungnya kegiatan ini diperlukan berbagai macam informasi baik dari berbagai pihak untuk memperoleh informasi. Maka, dibutuhkan suatu proses informasi di organisasi yang dilakukan berbagai unit di dalamnya. Berdasarkan dari teori yang digunakan menurut Weick tentang proses informasi organisasi, untuk konstruksi kebijakan sistem ticketing online ini melakukan tiga tahapan proses informasi antara lain pengumpulan informasi, penyeleksian informasi dan penggunaan informasi untuk dikomunikasikan kembali pada lingkungan untuk melihat umpan balik. Hal ini ditentukan melalui tiga tahapan proses informasi, yaitu enactment, seleksi dan retensi. Proses pengorganisasian tersebut menjadi salah satu cara perusahaan dalam melakukan konstruksi kebijakan khususnya pada online ticketing di PT.KAI (Persero) Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan proses konstruksi kebijakan di Direktorat Komersial PT.KAI tentang sistem online ticketing kereta api.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses informasi organisasi, konstruksi kebijakan, online ticketing |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 13 Nov 2013 08:33 |
Last Modified: | 13 Nov 2013 08:33 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4265 |
Actions (login required)
View Item |