PROSES KONSTRUKSI KEBIJAKAN SISTEM ONLINE TICKETING DI DIREKTORAT KOMERSIAL PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO)

Renayan, Ellisabeth Devi (2013) PROSES KONSTRUKSI KEBIJAKAN SISTEM ONLINE TICKETING DI DIREKTORAT KOMERSIAL PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03925.pdf

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03925.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM03925.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM03925.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03925.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Sebuah organisasi berada pada lingkungan informasi. Hal ini menjadi salah satu aspek penting bagi organisasi untuk dinilai eksistensinya. Informasi yang datang dari lingkungan akan memunculkan sebuah ketidakjelasan. Untuk mengurangi hal tersebut dapat dilakukan analisis proses informasi organisasi dengan mengintepretasikan informasi dari lingkungan agar dapat mendukung pencapaian tujuan organisasi. Hal ini terdapat pada teori informasi organisasi menurut Karl Weick. PT. Kereta Api Indonesia merupakan salah satu angkutan jasa darat terbesar di Indonesia. PT. KAI dalam upaya penjualan jasa, ingin meningkatkan metode pelayanan perolehan tiket untuk penumpang dengan menggunakan sistem online dan mengurangi pembelian tiket di area stasiun. Untuk mendukungnya kegiatan ini diperlukan berbagai macam informasi baik dari berbagai pihak untuk memperoleh informasi. Maka, dibutuhkan suatu proses informasi di organisasi yang dilakukan berbagai unit di dalamnya. Berdasarkan dari teori yang digunakan menurut Weick tentang proses informasi organisasi, untuk konstruksi kebijakan sistem ticketing online ini melakukan tiga tahapan proses informasi antara lain pengumpulan informasi, penyeleksian informasi dan penggunaan informasi untuk dikomunikasikan kembali pada lingkungan untuk melihat umpan balik. Hal ini ditentukan melalui tiga tahapan proses informasi, yaitu enactment, seleksi dan retensi. Proses pengorganisasian tersebut menjadi salah satu cara perusahaan dalam melakukan konstruksi kebijakan khususnya pada online ticketing di PT.KAI (Persero) Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan proses konstruksi kebijakan di Direktorat Komersial PT.KAI tentang sistem online ticketing kereta api.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses informasi organisasi, konstruksi kebijakan, online ticketing
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Nov 2013 08:33
Last Modified: 13 Nov 2013 08:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4265

Actions (login required)

View Item View Item