CITRA KERETA API PRAMBANAN EKSPRES MENURUT KOMUNITAS PENGGUNA KERETA API PRAMBANAN EKSPRES (PRAMEKERS) JOGJA-SOLO SEBAGAI PUBLIK AKTIF

Astuti, Priscilia Siwi (2013) CITRA KERETA API PRAMBANAN EKSPRES MENURUT KOMUNITAS PENGGUNA KERETA API PRAMBANAN EKSPRES (PRAMEKERS) JOGJA-SOLO SEBAGAI PUBLIK AKTIF. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03879.pdf

Download (2817Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03879.pdf

Download (218Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03879.pdf

Download (768Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03879.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03879.pdf

Download (313Kb)

Abstract

Public Relations merupakan jembatan komunikasi antara organisasi dengan publiknya agar tercipta hubungan yang baik antara keduanya.Fungsi utama Public Relations adalah membangun citra positif perusahaan di mata publiknya.Salah satu bentuk citra adalah citra yang diharapkan oleh perusahaan adalah suatu citra yang diinginkan oleh pihak manajemen. Citra ini juga tidak sama dengan citra sebenarnya, biasanya citra yang diharapkan lebih baik atau lebih menyenangkan dari pada citra yang ada KA Prameks diharapkan menjadi idola transportasi Jogja-Solo-Kutoarjo.Pengalaman Komunitas Pramekers Joglo sebagai publik aktif mengenai KA Prameks tentu saja akan membantu perangkaian persepsi mengenai KA Prameks. Sehingga melalui hal tersebut dapat diketahui apakah citra yang muncul sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan. Selain itu karena pengguna KA Prameks cukup heterogen maka perlu diketahui apakah terdapat perbedaan persepsi atau citra KA Prameks di mata Komunitas Pramekers Joglo. Penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan metode survey, dimana peneliti akan mengambil sampel dari populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Sampel dalam penelitian ini adalah orang-orang Jogja yang bekerja di Solo dengan alasan mereka merupakan anggota Komunitas Pramekers Joglo, sehingga sampel ini dapat mewakili populasi.Kegiatan pengumpulan data dilakukan di dalam KA Prameks, Stasiun Jogja, Lempuyangan, dan Maguwo. Hasilnya adalah pertama, citra KA Prameks di mata Komunitas Pramekers Joglo belum cukup sesuai dengan citra yang diharapkan perusahaan.Kedua, terdapat perbedaan persepsi responden dari faktor gender, kelompok tingkat pendidikan SMA dan S2, tingkat pendidikan SMA dan D3, serta kelompok pekerjaan wiraswasta dan dosen.Sehingga PT KAI Daop 6 Yogyakarta perlu perlu lebih menggandeng Komunitas Pramekers Joglo, lebih memungsikan facebook, serta membuat strategi penangan keluhan dan saran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Publik Aktif, Citra KA Prameks, Perbedaan Persepsi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Nov 2013 09:42
Last Modified: 13 Nov 2013 09:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4271

Actions (login required)

View Item View Item