Krisdiyati , Agata Sri (2013) EVALUASI PUBLISITAS UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03825.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03825.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2KOM03825.pdf Download (319kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3KOM03825.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03825.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Publisitas yang dilakukan oleh Public Relations diharapkan mampu meningkatkan jumlah pemberitaan positif di media massa dan agar publik memiliki pengetahuan yang cukup tentang organisasi dan terbentuk opini yang positif. Hasil (output) publisitas di media adalah pemberitaan. Hasil publsitas dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan melalui evaluasi. Evaluasi tahapan output menurut Macnamara (2002:16) dapat dilihat dari jumlah release yang diterbitkan, jumlah release yang dimuat oleh media cetak, dan kecenderungan isi pemberitaan. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba untuk melihat publisitas yang dilakukan oleh UAJY melalui perbandingan press release yang diterbitkan oleh UAJY dengan pemberitaan mengenai UAJY yang dimuat di media cetak yang sumbernya dari release selama periode Januari 2012-Juni 2013. Penelitian ini meneliti konten dari press release dan berita yang dimuat di surat kabar melalui metode analisis isi. Dilihat dari tipe media, publisitas tentang UAJY hanya ada di surat kabar lokal yang wilayah pendistribusiannya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan beberapa kota sekitarnya. Public Relations tidak bisa mengontrol penempatan pesan di media dan tidak bisa mengontrol bagaimana pembaca menafsirkan pesan yang disampaikan (Iriantara, 2006:27). Namun secara garis besar, apa yang ingin disampaikan Humas dalam release-nya tertuang pula dalam berita yang dimuat oleh media massa. Berdasarkan karakteristik fisiknya, antara release dan berita tidak banyak perubahan. Mayoritas release dan berita ditulis dalam bentuk straight news dan informasinya mayoritas ditulis dalam paragraf pendek (1-7 paragraf). Dilihat dari karakteristik isinya, tidak banyak perubahan antara release dan berita. Konten release dan berita memiliki kesamaan dalam hal nilai berita, fokus pembelajaran, angle penulisan, tone pemberitaan, dan pemuatan kelengkapan berita. Perbedaan antara release dan berita hanya terdapat dalam hal pemuatan foto dan pemuatan narasumber utama. Secara keseluruhan, dilihat dari output-nya, publisitas yang dilakukan oleh Humas UAJY masih belum mencapai publisitas yang maksimum. Padahal semakin sering sebuah perusahaan, organisasi, atau institusi diberitakan dan dipublikasikan oleh media massa, maka perusahaan, organisasi, atau institusi tersebut akan dikenal oleh masyarakat. Sebaliknya, kalau tidak pernah dipublikasikan oleh media massa, maka masyarakat juga tidak akan pernah mengenalnya (Darmastuti, 2012:26). Maka perlu ada strategi dalam peningkatan publisitas di media untuk mencapai tujuan media relations yang diinginkan oleh UAJY.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | publisitas, press release, berita, media relations |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 13 Nov 2013 11:23 |
Last Modified: | 13 Nov 2013 11:23 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4280 |
Actions (login required)
View Item |