Dianti, Dyah Erza (2013) KONSEP KREATIF PENDEKATAN PARODI DALAM IKLAN TELEVISI AXIS (Studi Deskriptif Mengenai Implementasi Konsep Kreatif Pendekatan Parodi pada Iklan Televisi Axis Versi Trilogi Joni Blak-blakan). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM02853.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM02853.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2KOM02853.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3KOM02853.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM02853.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Konsep kreatif pendekatan parodi merupakan konsep kreatif yang efektif jika diterapkan dalam iklan televisi. Dua unsur televisi yakni audio dan visualnya mampu menumbuhkan empati dan simpati dari pemirsanya Konsep ini memiliki sense of homour, mengandung kritikan atau ejekan, visual yang hiperbola, dan mengimitasi tokoh terkenal. Aspek parodi yang diimplementasikan relevan dengan produk yang diiklankan akan sangat efektif untuk membuat orang-orang memperhatikan iklan dan menciptakan kesadaran merek (Shimp, 2003: 472). Sebagai produk telekomunikasi yang baru masuk dalam pasar telekomunikasi di Indonesia, Axis berusaha menggebrak pasar dengan menampilkan iklan yang berbeda dengan produk competitor. Menggunakan konsep kreatif pendekatan parodi yang tidak membandingkan Axis dengan produk compettitor. Menurut Direktur Sales Axis, Syakieb Ahmad Sungkar, iklan Axis versi “Trilogi Joni blak-blakan” tidak hanya menyampaikan pesan produk namun juga menyampaikan pesan spiritual terkait ibadah puasa di bulan ramadhan dengan bahasa verbal dan visual yang lucu, memuat sindirian terhadap perilaku masyarakat namun menarik untuk ditonton (dalam http://www.axisworld.co.id/axis_pressrelease_contents/review/189?p=11, diakses 7/10/2012). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang pelaksanaannya menggunakan metode pengumpulan data dan metode analisis bukan berupa angka atau non kuantitatif yakni wawancara mendalam (indepth interview) dengan creative director agency Colman Handoko, Morian Madjid dan studi literatur dari buku dan internet.Perumusan konsep kreatif dalam iklan Axis versi trilogi Joni Blak-blakan dilakukan oleh tim kreatif agency Colman Handoko yang terdiri dari creative director yaitu Morian Madjid, art director Ernes Junius Wiyanto dan copywriter Lucky Budianto Ardhi. Konsep kreatif pendekatan parodi yang dipilih Axis dalam versi trilogi Joni Blak-blakan untuk menghindari kerumunan tema iklan produk competitor yakni saling menjatuhkan image. Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan awarenes khayalak terhadap produk telokomunikasi Axis. Memanfaatkan momen ramadhan dan lebaran, setting pada iklan Axis versi Joni Blak-blakan dibuat menjadi tiga bagian yakni pra puasa, puasa, dan lebaran tahun 2011. Konsep kreatif pendekatan parodi dalam iklan Axis versi trilogi Joni Blak-blakan diimplementasikan dalam bahasa verbal yang memuat kritikan, ejekan terhadap kebiasaan masyarakat. Sedangkan implementasinya terdapat pada aspek visual yang berlebihan, mengandung ironi, penggunaan talent yang mengimitasi kebiasaan masyarakat, budaya masyarakat, serta mengimitasi tokoh jin.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Periklanan, Konsep kreatif, Pendekatan Parodi, Axis |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 14 Nov 2013 10:01 |
Last Modified: | 14 Nov 2013 10:01 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4296 |
Actions (login required)
View Item |