PENGARUH TERPAAN MEDIA ONLINE DETIK.COM TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN UMUM KARYAWAN MARA ADVERTISING YOGYAKARTA (Studi Kuantitatif Terpaan Media Online Detik.com Periode Juni 2013 dengan Tingkat Pengetahuan Umum Karyawan Mara Advertising Yogyakarta)

Ardhika, Yohan Bayu Rizky (2013) PENGARUH TERPAAN MEDIA ONLINE DETIK.COM TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN UMUM KARYAWAN MARA ADVERTISING YOGYAKARTA (Studi Kuantitatif Terpaan Media Online Detik.com Periode Juni 2013 dengan Tingkat Pengetahuan Umum Karyawan Mara Advertising Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03195.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03195.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM03195.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM03195.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03195.pdf

Download (703kB) | Preview

Abstract

Media massa saat ini menjadi salah satu alat penyebarluasan informasi, karena sesuai dengan fungsinya yaitu menyampaikan informasi, mendidik, menghibur, mempengaruhi, serta mengontrol masyarakat dan pemerintah.Seiring dengan kemajuan zaman yang pesat, penggunaan internet atau media online sebagai sarana memperoleh informasi di kalangan masyarakat umum semakin berjamur, hal itu dikarenakan media online memiliki beberapa keunggulan dibandingkan media lainnya, media online lebih cepat dalam menyajikan berita atau informasi, praktis dan fleksibel karena dapat diakses dari mana saja dan kapan saja, serta memiliki audio visual. Saat ini ada banyak media online yang menyajikan berita-berita bevariasi yang bersifat ringan dan menghibur. Salah satunya adalah media online Detik.com. Detik.com adalah sebuah situs berita online yang menyajikan beragam informasi dan tips yang dibutuhkan oleh masyarakat. Terpaan media berbicara mengenai khalayak dalam penggunaan media, baik jenis media, frekuensi penggunaan (frequency), maupun durasi penggunaan (longevity). Penggunaan jenis media meliputi media audio, audiovisual, media cetak, ataupun kombinasi beberapa media (Ardianto & Komala, 2005:168).Pengetahuan masyarakat tentang berbagai informasi dapat diperoleh dengan mudah melalui internet, misalnya saja dengan membuka situs-situs berita online seperti Detik.com, masyarakat akan mendapatkan informasi atau pengetahuan tentang suatu kejadian atau peristiwa yang ingin diketahuinya. Pengetahuan adalah suatu kesan dalam pikiran manusia sebagai hasil dari pengamatan, baik yang disengaja ataupun tidak, yang penting apa yang menjadi ingatan itu dapat dibuktikan kebenarannya (Syani, 1995:6). Dan pengetahuan umum yang dimaksud dalam judul berkaitan dengan isi dari media online detik.com yang berisi informasi-informasi dan berita-berita yang berasal dari berbagai bidang, seperti dengan berbagai rubrik yang telah disediakan oleh detik.com.Penelitian ini menggunakan metode survei. Dengan menggunakan kuesioner sebagai pedoman pengumpulan data. Kuesioner disebar ke 72 orang sampel anggota populasi, yang semuanya merupakan karyawan Mara Advertising Yogyakarta. Adapun pertimbangannya adalah karena Mara Advertising dalam mengembangkan usahanya bekerja sama dengan berbagai perusahaan media, baik itu media cetak, elektronik maupun online. Dan sala satu media yang dijadikan rekan usaha dariMara Advertising adala media online Detik.com. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa jika terpaan media online detik.com meningkat maka tingkat pengetahuan karyawan Mara Advertising akan cenderung naik atau positif. Dengan demikian hipotesis awal diterima, sehingga terdapat pengaruh terpaan media online detik.com terhadap tingkat pengetahuan karyawan Mara Advertising. Dan variabel kontrol yang dimasukkan memperkecil pengaruh terpaan media terhadap tingkat pengetahuan. Masing-masing aspek dalam data responden yaitu usia, pendidikan, pekerjaan, lingkungan dan sosial budaya dihitung korelasinya dengan tingkat pengetahuan dengan SPSS. Dari data yang diperoleh mayoritas tidak ada korelasi antara masing-masing variabel dan yang mempunyai korelasi hanya faktor sosial dan budaya. Variabel sosial budaya yang dimaksudkan dapat berupa kebiasaan dalam mengakses internet sedari kecil, budaya kerja yang memang tersedia untuk fasilitas tersebut. Budaya untuk selalu mengupdate sagala informasi melalui berbagai macam media tidak saja online.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Nov 2013 12:46
Last Modified: 14 Nov 2013 12:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4309

Actions (login required)

View Item View Item