STRATEGI PESAN DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN CITRA PARIWISATA KABUPATEN BANTUL (Pesan pada Media Booklet, Leaflet, Company Profile, Kalender Event, Spanduk, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten)

Leimena, Christiana Diah Astiwi (2013) STRATEGI PESAN DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN CITRA PARIWISATA KABUPATEN BANTUL (Pesan pada Media Booklet, Leaflet, Company Profile, Kalender Event, Spanduk, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03546.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03546.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM03546.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM03546.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03546.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangannya kini Pariwisata menjadi suatu industri yang mengalami pertumbuhan pesat di seluruh dunia. Pariwisata berangsur-angsur telah mengalami perubahan dari suatu kebutuhan sekunder menjadi suatu kebutuhan pokok. Pariwisata Indonesia kini mulai banyak diminati oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Pertumbuhan ini dimanfaatkan oleh Disbudpar Kabupaten Bantul dalam mengenalkan Pariwisata yang ada di Bantul. Disbudpar Kabupaten Bantul menggunakan media nirmassa sebagai alat membentuk, mempertahankan serta meningkatkan kunjungan wisatawan. Media nirmassa yang digunakan yaitu Booklet, company profile, dan kalender event. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pesan pada media dan kaitannya dalam upaya mempertahankan citra. Menentukan sebuah strategi pesan haruslah mementingkan aspek- aspek dalam sebuah pesan seperti yang disampaikan oleh Cutlip, Center & Broom bahwa pesan dapat menghasilkan efek yang kuat, walaupun tidak dapat dijelaskan berdasarkan sebab- akibat langsung dan sederhana. Melalui beberapa bentuk metode pesan yaitu repetition, canalizing informative, persuasif, edukatif, coersive pesan disampaikan. Kemudian Susunan penyajian (order presentation), pernyataan kesimpulan (drawing conclusion) dan didukung oleh daya tarik visual yang meliputi warna, dan ilustrasi. Berdasarkan pada temuan lapangan dan analisis yang diperoleh dengan melakukan wawancara dan menganalisis media-media yang digunakan Disbudpar Kabupaten Bantul. Membuat sebuah strategi didalam sebuah pesan sudah dilakukan oleh Disbudpar secara sederhana dengan mengangkat sebuah pesan yang memiliki daya tarik kuat dan dapat menyentuh pada aspek sosial masyarakat menjadi strategi konsep pesan yang ingin disampaikan sebagai penguat citra yang sudah ada yaitu Bantul sebagai kota Budaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pesan Disbudpar berupaya untuk dapat mempertahankkan citra budaya yang melekat pada Kabupaten Bantul dengan mengedepankan pesan yang mengangkat cerita legenda, sejarah, tradisi dan menyentuh pada aspek sosial masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: strategi pesan, media, citra
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Nov 2013 10:56
Last Modified: 15 Nov 2013 10:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4331

Actions (login required)

View Item View Item