PERENCANAAN KAMPANYE LANGKAH CUCI TANGAN BERSIH 5-6 PASTI RSUP DR. SARDJITO PERIODE 2011-2012

Tunjungsari, Ayu Diah (2014) PERENCANAAN KAMPANYE LANGKAH CUCI TANGAN BERSIH 5-6 PASTI RSUP DR. SARDJITO PERIODE 2011-2012. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03334.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03334.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03334.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03334.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03334.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kampanye merupakan aktivitas komunikasi yang kerap digunakan oleh organisasi dalam memperkenalkan sebuah produk atau gagasan, namun dalam hal ini organisasi yang dimaksud adalah rumah sakit. RSUP Dr. Sardjito merupakan organisasi yang berbentuk rumah sakit yang dikelola pemerintah, awalnya RSUP Dr. Sardjito mengikuti sebuah event yang diadakan oleh World Health Oganization (WHO) bernama hand hygene pacific award yaitu sebuah ajang dikhususkan bagi rumah sakit yang berada di Negara berkembang yang banyak terjadi kasus pasien terpapar infeksi nosokomial, hal tersebut yang melatar belakangi RSUP Dr. Sardjito untuk mengikuti ajang tersebut mengingat RSUP Dr. Sardjito merupakan rumah sakit rujukan di Jawa Tengah. Penelitian ini berjudul Perencanaan Kampanye Langkah Cuci Tangan Bersih 5-6 Pasti RSUP Dr. Sardjito Periode 2011-2012. Dalam melaksanakan kampanye tentunya memerlukan perencanaan yang matang, dalam hal ini perencanaan yang dilakukan terdapat tahap-tahap yang dilalui yaitu melalui rapat internal yang dilakukan secara bertahap, fact finding, penentuan tema, penentuan target audiens, simulasi kampanye, merancang pesan, merancang strategi, merancang media kampanye, merancang waktu dan pelaksanaan kampanye dalam rundown bulanan serta evaluasi. Perencanaan kampanye dilakukan oleh tim Panitia pencegahan dan pengendalian infeksi rumah sakit (PPI-RS) atau sering disingkat PPI bekerja sama dengan humas untuk merancang tahap-tahap perencanaan kampanye. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, serta menggunakan teknik wawancara. Teknik analisa yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data yang diperoleh dari wawancara dan dari dokumentasi, reduksi data dan yang terakhir yaitu kesimpulan dari data yang diproses kemudian ditarik kesimpulan dengan metode induktif agar diperoleh kesimpulan umum yang obyektif. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, perencanaan kampanye yang dikatakan berhasil ditunjukkan dengan hal RSUP Dr. Sardjitodapat memenangkan ajang hand hygene pacific award, memiliki kriteria penilaian yang dilakukan oleh WHO adalah pada proses kampanye, adapun target audiens dalam kampanye ini adaduayaitu di kalangan internal rumah sakit dan bagi kalangan eksternal rumah sakit yaitu pengunjung serta penunggu pasien.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kampanye, Perencanaankampanye, target audiens
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Feb 2014 11:44
Last Modified: 10 Feb 2014 11:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4615

Actions (login required)

View Item View Item