PROSES EVALUASI PROGRAM MEDIA RELATIONS (Kasus Pada Aktivitas Press Conference di PT. Televisi Transformasi Indonesia TRANS TV Bulan Maret 2013)

Sumirat, Sebastian Lintang Kusuma (2014) PROSES EVALUASI PROGRAM MEDIA RELATIONS (Kasus Pada Aktivitas Press Conference di PT. Televisi Transformasi Indonesia TRANS TV Bulan Maret 2013). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03667.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03667.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03667.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03667.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03667.pdf

Download (883kB) | Preview

Abstract

PT. Televisi Transformasi Indonesia (TRANS TV) adalah salah satu perusahaan swasta yang bergerak di dalam industri pertelevisian yang selalu menghadirkan program televisi in-house production dan memiliki tujuan untuk menarik perhatian masyarakat terhadap program televisi tersebut. Oleh karena itu, melalui Marketing Public Relations Department, TRANS TV secara rutin menyelenggarakan salah satu aktivitas media relations yaitu press conference untuk memperkenalkan program-program televisi baru yang akan tayang di layar kaca mereka. Aktivitas press conference yang diselenggarkan pada bulan Maret 2013 mengundang para wartawan media massa yang juga bergerak di industri hiburan. Informasi mengenai program televisi baru yang akan tayang pada bulan Maret 2013, disampaikan di hadapan para wartawan yang hadir dengan harapan agar tercipta pemahaman di dalam diri mereka. Materi-materi yang disampaikan yang nantinya memiliki news value akan diliput dan dipublikasikan oleh para wartawan di dalam media mereka masing-masing. Pada akhirnya, liputan-liputan tersebut nantinya akan sampai di tangan masyarakat yang merupakan calon audience TRANS TV, sehingga timbul awareness dan ketertarikan di lingkungan masyarakat untuk menyaksikan program televisi baru tersebut. Pelaksanaan press conference bulan Maret 2013 sudah seharusnya dipantau oleh praktisi public relations Divisi Media Relations TRANS TV agar berjalan dengan efektif. Proses evaluasi adalah salah satu langkah manajemen terstruktur untuk melihat ketercapaian tujuan press conference yang telah diselenggarakan. Praktisi public relations TRANS TV melakukan evaluasi aktivitas press conference secara informal dan formal. Evaluasi informal yang dilakukan oleh praktisi public relations menilai suasana dan overview tingkat kehadiran wartawan media. Sedangkan evaluasi formal menilai pengeluaran keuangan aktivitas terhadap budget hingga proses media monitoring yang nantinya berakhir pada pembuatan laporan pertanggungjawaban kepada jajaran top management perusahaan. Penelitian dengan metode kualitatif ini menerapkan evaluasi program kehumasan yang dapat dilakukan oleh praktisi public relations TRANS TV terhadap aktivitas press conference bulan Maret 2013. Proses evaluasi persiapan, implementasi dan dampak yang dilakukan untuk menunjukkan perubahan-perubahan yang terjadi sebelum dan setelah aktivitas press conference diselenggarakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media relations, press conference, evaluasi program
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Feb 2014 08:21
Last Modified: 12 Feb 2014 08:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4647

Actions (login required)

View Item View Item