Kusumaningrum, Melania Nadia (2013) GAMBARAN KECENDERUNGAN ANATOMI DAN GAYA BAHASA IKLAN PROMO TOKO ELEKTRONIK PADA MEDIA CETAK SELAMA BULAN RAMADHAN 1 SYAWAL 1434H (Analisis Deskriptif Kecenderungan Anatomi Dan Gaya Bahasa Iklan Promo Toko Elektronik Di Yogyakarta Pada Surat Kabar Tribun Jogja Selama Bulan Ramadhan 1 Syawal 1434h ). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM02737.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM02737.pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM02737.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
|
Text (Bab III)
3KOM02737.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tradisi berbelanja jelang Ramadhan sudah kebiasaan atau tradisi di kalangan masyarakat Indonesia. Kebiasaan masyarakat Indonesia ini memang pada akhirnya dijadikan momentum yang paling baik bagi para pengusaha untuk meraih keuntungan yang besar melalui omzet penjualan. Pada penelitian ini peneliti berkaca pada pengusaha yang memiliki toko-toko elektronik di kawasan Yogyakarta. Berbagai program promosi dipublikasikan melalui beberapa media oleh para pemilik toko elektronik. Salah satu bentuk dari publikasi program promo mereka adalah membuat iklan di media cetak. Penelitian ini ingin mengetahui Bagaimana kecenderungan anatomi dan gaya bahasa iklan promosi toko elektronik pada media cetak selama bulan Ramadhan 1 Syawal 1434H. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan studi dokumentasi dari berapa iklan promosi toko elektronik yang terbit di koran Tribun Jogja dengan periode waktu tertentu yakni tanggal 1 Juli 2013 sampai dengan tanggal 8 Agustus 2013. Kecenderungan anatomi dan gaya bahasa iklan promosi toko elektronik pada media cetak selama bulan Ramadhan 1 Syawal 1434H, hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa hampir semua pihak pengiklan dalam hal ini toko elektronik cenderung tidak meluputkan setiap bagian anatomi iklan cetak dengan kata lain pihak pengiklan sangat memperhatikan detail anatomi iklan cetak seperti headline, visual ilustrasi, body copy, foto produk atau juga disebut dengan product shot, baseline, flash bahkan hingga sampai pada elemen komunikasi visual seperti tipografi, simbolisme, design, dan juga warna. Selain hal-hal mengenai anatomi iklan cetak dan elemen komunikasi visual pihak pengiklan juga sangat memperhatikan gaya bahasa iklan yang seluruhnya cenderung bersifat informatif. Kecenderungan mengoptimalkan seluruh bagian anatomi iklan, elemen komunikasi visual sampai gaya bahasa adalah semata-mata untuk memberikan sajian iklan yang dapat mudah dicerna atau diphami oleh masyarakat atau secara khusus diberikan pada calon konsumen.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecenderungan Iklan Cetak, Anatomi Iklan Cetak |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 12 Feb 2014 11:17 |
Last Modified: | 12 Feb 2014 11:17 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4661 |
Actions (login required)
View Item |