PERAN LIRIK JINGLE IKLAN PARTAI POLITIK DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Lirik Jingle Iklan TVC Partai Nasdem Versi Indonesia Baru dalam Pembentukan Identitas Partai Nasdem di Kalangan Mahasiswa Komunikasi FISIP UAJY)

Pebriandi, Josua (2013) PERAN LIRIK JINGLE IKLAN PARTAI POLITIK DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Lirik Jingle Iklan TVC Partai Nasdem Versi Indonesia Baru dalam Pembentukan Identitas Partai Nasdem di Kalangan Mahasiswa Komunikasi FISIP UAJY). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03664.pdf

Download (754Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03664.pdf

Download (427Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03664.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03664.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03664.pdf

Download (396Kb)

Abstract

Lirik jingle iklan tvc partai NasDem versi “Indonesia Baru” menjadi salah satu metode penyampaian pesan yang digunakan dalam rangka penanaman identitas partai NasDem. Identitas partai NasDem yang tertuang dalam lirik terdiri dari visi dan misi partai, tujuan, ideologi, merek, logo, dan beberapa aspek visual yang membantu pembentukan identitas partai NasDem. Lirik jingle iklan tersebut membentuk identitas partai NasDem di kalangan mahasiswa Komunikasi FISIP UAJY. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kultivasi dengan tujuan untuk melihat peran lirik jingle iklan partai NasDem versi “Indonesia Baru” dalam pembentukan identitas partai NasDem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan subyek informan mahasiswa Komunikasi FISIP UAJY. Teknik pengumpulan data dilakukan cara melakukan FGD kepada informan yaitu mahasiswa Komunikasi FISIP UAJY. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peran lirik jingle iklan tvc partai NasDem versi “Indonesia Baru” adalah sebagai pemberi informasi dan juga sebagai pengingat identitas apa saja yang menggambarkan partai NasDem dan memberikan gambaran identitas partai NasDem di kalangan mahasiswa Komunikasi FISIP UAJY. Sebagai sebuah partai politik yang baru bersaing di dunia politik Indonesia hal tersebut sangat diharapkan oleh partai NasDem. Kesimpulan penelitian ini adalah, teori kultivasi dapat digunakan pada pembentukan identitas dengan menggunakan lirik jingle iklan tvc. Dimana lirik jingle iklan berfungsi sebagai media yang membawa pesan untuk membentuk idnetitas partai politik. Peran lirik jingle iklan yang ditimbulkan dari informasi yang diberikan partai melalui makna dari tiap penggalan-penggalan kalimat dalam lirik jingle iklan partai NasDem versi “Indonesia Baru”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: lirik jingle iklan, peran lirik jingle iklan, Pembentukan Identitas
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Feb 2014 11:51
Last Modified: 12 Feb 2014 11:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4663

Actions (login required)

View Item View Item