Melissa, Febe (2013) PENGARUH DAYA TARIK PESAN IKLAN DI JEJARING SOSIAL TERHADAP MINAT BELI PADA PEREMPUAN (Studi Eksplanatif Pengaruh Daya Tarik Pesan Iklan Zalora Indonesia di Facebook Fanpage terhadap Minat Beli pada Perempuan Dewasa Muda). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03830.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03830.pdf Download (349kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03830.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03830.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03830.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Mengkomunikasikan produk dan jasa melalui online (e-commerce) kini banyak dilakukan oleh pemasar. Salah satu media online yang efektif untuk beriklan adalah situs jejaring sosial. Hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyajikan data bahwa dari total 63 juta pengguna internet pada tahun 2012 (24,23% dari jumlah penduduk Indonesia), sekitar 36 juta melakukan belanja online. Hal tersebut membuktikan daya tarik iklan melalui media internet ternyata cukup efektif. Daya tarik sangat penting karena akan meningkatkan keberhasilan komunikasi dengan audiens. Daya tarik pesan iklan dimanfaatkan untuk menyasar minat beli calon konsumen. Seperti halnya Zalora Indonesia sebagai salah satu situs e-commerce fashion yang cukup besar dan terkenal, mempromosikan produknya melalui iklan yang melibatkan daya tarik rasional dan emosional untuk menggugah minat beli produk pada audiens. Pada penelitian ini telah dilakukan pengambilan sampel sebanyak 100 orang responden dari total member facebook fanpage zalora Indonesia. Penyebaran kuesioner dilakukan via online dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan kriteria berjenis kelamin perempuan, menyukai (klik like) salah satu atau beberapa iklan produk yang dipost oleh Zalora di facebook fanpage-nya, dan berusia dewasamuda, dalam hal ini terbatas pada usia 18-30 tahun.Hasil analisis data diperoleh regresi yang dibentuk oleh interaksi variabel daya tarik pesan iklan dan variabel minat beliadalah 54,9 yang dapat ditafsirkan bahwa variabel bebas (X) memiliki pengaruh kontribusi sebesar 54,9% terhadap variabel Y dan 46,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X. Selain itu taraf signifikansi atau linieritas dari regresi diperoleh nilai Sig. = 0,000, yang berarti kurang dari kriteria signifikan (0,05), dengan demikian model persamaan regresi memenuhi kriteria linieritas. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa minat beli pada perempuan dewasa muda dapat ditentukan dengan besarnya pengaruh daya tarik pesan iklan Zalora Indonesia di facebook fanpage, sehingga berimplikasi pada komunikasi pemasaran Zalora Indonesia itu sendiri, khususnya melalui iklan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daya tarik pesan iklan, online shop, facebook fanpage, Zalora Indonesia, minat beli |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Feb 2014 08:35 |
Last Modified: | 18 Feb 2014 08:35 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4707 |
Actions (login required)
View Item |