Pemberitaan Pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Timur 2013 (Analisis Isi Keberpihakan Media dalam Pemberitaan Masa Kampanye Pemilihan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Putaran Pertama di Harian Pos Kupang dan Timor Express Periode 1-14 Maret 2013)

Hakim, Yohanes Karol (2014) Pemberitaan Pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Timur 2013 (Analisis Isi Keberpihakan Media dalam Pemberitaan Masa Kampanye Pemilihan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Putaran Pertama di Harian Pos Kupang dan Timor Express Periode 1-14 Maret 2013). Jurnal Ilmu Komunikasi.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (741kB) | Preview

Abstract

Media massa yang menjunjung semangat demokrasi harus menyajikan pemberitaan kampanye pemilu yang baik bagi pembaca, agar pemberitaan tersebut dapat dijadikan pedoman untuk menilai kualitas figur pemimpin yang akan dipilih. Pada penyelenggaraan kampanye pemilihan gubernur putaran pertama tanggal 1-14 Maret 2013 di NTT, media lokal yang turut meramaikan pesta demokrasi kampanye Pilgub NTT adalah Pos Kupang dan Timor Express. Peneliti kemudian melihat bagaimana keberpihakan surat kabar Pos Kupang dan Timor Express dalam pemberitaan kampanye Pilgub NTT 2013 putaran pertama terhadap pemberitaan kampanye kelima calon kandidat gubernur dan wakil gubernur. Metode penelitian yang digunakan ialah analisis isi kuantitatif. Keberpihakan Pos Kupang dan Timor Express diukur melalui unit analisis sifat fakta, akurasi dari dimensi faktualitas, nilai berita dari dimensi relevansi, stereotip, sensasionalisme, linkages, juxtaposition dari dimensi netralitas, serta source bias, dan slant dari dimensi keseimbangan. Sampel berita harian Pos Kupang yang diteliti 34 berita sedangkan harian Timor Express 13 berita. Keberpihakan diidentifikasi dengan adanya pemberitaan kampanye calon gubernur-wakil gubernur tertentu yang memperlihatkan frekuensi atau presentase yang besar dari adanya sifat fakta psikologis, ketiadaan cek dan ricek, nilai berita mengarah ke human interest, adanya stereotip, linkages, juxtaposition, serta ketidakseimbangan berupa penyajian berita satu sisi, serta adanya slant. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa keberpihakan Pos Kupang dalam pemberitaan masa kampanye Pilgub NTT 2013 mengarah terhadap pasangan paket Frenly. Pemberitaan kampanye paket Frenly mempunyai frekuensi dan presentase yang besar dari pengukuran terhadap enam unit analisis dari sembilan unit analisis dengan indikator yang memperlihatkan pemberitaan kurang objektif, salah satunya sensasionalisme yang berlebihan melalui adanya dramatisasi dan emosionalisme. Sedangkan, Timor Express dalam pemberitaan masa kampanye terdapat juga kecenderungan keberpihakan. Namun, tidak semua unit analisis yang diukur muncul kecenderungan pemberitaan yang memperlihatkan adanya keberpihakan dari pemberitaan kelima pasang calon kandidat gubernur-wakil gubernur.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kampanye Pilgub, Keberpihakan, dan Obyektivitas
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Feb 2014 10:06
Last Modified: 14 Mar 2014 08:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4713

Actions (login required)

View Item View Item