PENGELOLAAN AJANG PENGHARGAAN PERIKLANAN DAN PERANNYA DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI PERIKLANAN YOGYAKARTA (STUDI KASUS PINASTHIKA AWARD 2010 – 2011)

RIANDIKA, ALOYSIUS PUNGKAS (2012) PENGELOLAAN AJANG PENGHARGAAN PERIKLANAN DAN PERANNYA DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI PERIKLANAN YOGYAKARTA (STUDI KASUS PINASTHIKA AWARD 2010 – 2011). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02485.pdf

Download (1268Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02485.pdf

Download (2538Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02485.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02485.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02485.pdf

Download (12Mb)

Abstract

Pinasthika Festival Iklan adalah ajang penghargaan periklanan yang rutin diselenggarakan oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat. Alasan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mengembangkan potensi kreatif periklanan lokal dan membangun kerjasama yang kondusif antar industry lokal dan nasional. Industri kreatif memiliki kontribusi ekonomi yang signifikan bagi perekonomian Indonesia, dapat menciptakan iklim bisnis yang positif, dapat memperkuat citra dan identitas bangsa Indonesia, mendukung pemanfaatan sumber daya yang terbarukan, merupakan pusat penciptaan inovasi dan pembentukan kreativitas, dan memiliki dampak sosial yang positif. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk melihat proses pengelolaan Pinasthika dan perannya dalam pembangunan industri periklanan Yogyakarta melalui data-data yang telah didapatkan baik dari wawancara, observasi, maupun studi pustaka dikumpulkan dan dikelompokkan lalu diinterpretasikan. Sehingga dapat diketahui dampaknya sebagai ajang yang bermanfaat membangun industri periklanan lokal. Pada akhirnya, peran Pinasthika dinilai efektif sebagai katalisator yang mendukung perkembangan industri periklanan lokal pada khususnya. Dalam proses pengelolaannya pun memberikan dampak positif yang mencakup aspek bisnis, kreatif, akademis, media, hingga pemerintah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Industri kreatif, industri periklanan lokal, Pinasthika, peran
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Apr 2013 09:29
Last Modified: 01 May 2013 11:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item View Item