HENRILE, YOPI (2014) EVALUASI PELAYANAN FASILITAS PEJALAN KAKI (Studi Kasus : Trotoar Jl. Laksda Adisucipto Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Atma Jaya.
|
Text (Halaman Judul)
0TS13097.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS13097.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS13097.pdf Download (68kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS13097.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
||
Text (Bab IV)
4TS13097.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
||
|
Text (Bab V)
5TS13097.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (Bab VI)
6TS13097.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Yogyakarta sebagai salah satu kota yang mengalami perkembangan ekonomi dan jumlah penduduk yang bertambah tentunya mengakibatkan pertumbuhan kendaraan bermotor dan pejalan kaki yang cukup besar. Jalan Laksda Adisucipto merupakan jalan pada kawasan perdagangan, dimana terdapat pusat perdagangan Ambarukmo Plaza. Keberadaan kawasan perdagangan tentunya akan menimbulkan konflik antara pejalan kaki dengan arus lalu lintas sehingga dibutuhkan fasilitas pejalan kaki yang benar-benar bisa melayani para pejalan kaki. Fasilitas pejalan kaki terdiri trotoar, fasilitas penyeberangan, dan fasilitas pelengkap jalur pejalan kaki. Penelitian Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan fasilitas pejalan kaki tehadap pejalan kaki yang berada di kawasan Jl. Laksda Adisucipto depan Ambarukmo Plaza. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan pengukuran kondisi eksiting fasilitas pejalan kaki, pengumpulan data volume pejalan kaki, volume penyeberang jalan, dan volume kendaraan. Data yang sudah dipeoleh kemudian dilakukan pengolahan berdasarkan peraturan-peraturan dan syarat teknis yang berlaku di Indonesia. Dari proses analisis data penelitian diperoleh lebar trotoar pada lokasi 1 dan 2 yang pada awalnya berukuran 1 meter harus dilakukan pelebaran menjadi 1,5 meter. Pada lokasi 3 lebar trotoar eksisting adalah 1,5 meter, kebutuhan lebar trotoar berdasarkan volume pejalan kaki adalah selebar 1,7 meter namun pelebaran pada lokasi ini tidak dapat dilakukan karena keterbatasan lahan. Pada lokasi 4 lebar trotoar eksiting sebesar 2,5 meter, lebar trotoar hasil perhitungan sebesar 1,6 meter sehingga trotoar masih mampu melayani kebutuhan para pejalan kaki. Pada lokasi 5 lebar trotoar eksisting selebar 3,5, lebar trotor hasil perhitungan sebesar 1,5 meter, sehingga trotoar masih mampu melayani para pejalan kaki. Pada fasilitas penyeberangan yang pada awalnya berupa zebra cross harus ditingkatkan menjadi zebra cross yang dilengkapi dengan pelican crossing dengan lapak tunggu. Pada trotoar harus diberi ramp.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | trotoar, volume pejalan kaki, zebra cross, pelican crossing,ramp |
Subjects: | Civil Engineering > Transportation |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 14 May 2014 13:04 |
Last Modified: | 14 May 2014 13:04 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5112 |
Actions (login required)
View Item |