RUMKOREM, EIS MARIANA AWEK (2014) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KINERJA ANGKUTAN UMUM ( Studi Kasus Jalur Entrop-Abepura-Padang Bulan, Jayapura-Papua). S1 thesis, Universitas Atma Jaya.
|
Text (Halaman Judul)
0TS12879.pdf Download (984kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS12879.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS12879.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (Bab III)
3TS12879.pdf Download (102kB) | Preview |
|
Text (Bab IV)
4TS12879.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
||
Text (Bab V)
5TS12879.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS12879.pdf Download (290kB) | Preview |
Abstract
Dari tahun ke tahun perkembangan dan pertumbuhan penduduk di Kota Jayapura semakin cepat. Kelancaran berbagai kegiatan di kota Jayapura tidak terlepas dari tersedianya sarana dan prasarana transportasi yang baik. Dalam hal ini angkutan kota memegang peranan yang cukup penting dalam prgerakan orang dan barang yang menggunakan jasa angkutan. Jenis angkutan kota di Kota Jayapura adalah angkutan umum trayek IA jenis starwagon jurusan Entrop- Abepura-Padang Bulan. Kinerja angkutan umum trayek IA yang kurang memadai sehingga diperlukan adanya tingkat kepuasan penumpang. Penelitian Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang kinerja angkutan umum ditinjau dari jasa yang dialami dan jasa yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada 100 penumpang trayek IA. Untuk mengetahui kuisioner sudah valid dan handal maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas dan reliabilitas pada Tugas Akhir ini menggunakan bantuan software SPSS versi 15. Pengolahan data selanjutnya yaitu dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis dan dibahas berdasarkan kuadran masing-masing. Dari hasil analisis diagram kartesius diketahui bahwa pada kuadran A, terdapat indikator kenyamanan penumpang saat naik atau turun angkutan tidak memuaskan sehingga perlu diperhatikan kenyamanan penumpang. Pada kuadran B, terdapat indikator keamanan penumpang, kecepatan angkutan, ketersediaan angkutan saat dibutuhkan, perilaku kenek terhadap penumpang, fasilitas terminal yang ada, dan kondisi angkutan saat ini dianggap sudah sesuai dengan harapan penumpang. Pada kuadran C, terdapat indikator tarif angkutan saat ini dan sikap sopir dalam memberikan uang kembalian yang berarti indikator ini dinilai kurang penting dan kurang memuaskan. Pada kuadran D, terdapat indikator kebersihan angkutan dan perilaku sopir dalam mengemudikan angkutan umum, yang berarti indikator ini dianggap kurang penting tetapi sangat memuaskan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan, validitas, reliabilitas, Importance Performance Analysis. |
Subjects: | Civil Engineering > Transportation |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 16 May 2014 08:01 |
Last Modified: | 16 May 2014 08:01 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5113 |
Actions (login required)
View Item |