PENGARUH TINGKAT ATTRACTIVENESS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE (Studi Eksplanatif Perbandingan Pengaruh Tingkat Daya Tarik Agnes Monica, Nidji dan Sherina, Big Bang terhadap Brand Image Line dan Kakao Talk)

BRAHMANA, REGINA YATASIA (2014) PENGARUH TINGKAT ATTRACTIVENESS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE (Studi Eksplanatif Perbandingan Pengaruh Tingkat Daya Tarik Agnes Monica, Nidji dan Sherina, Big Bang terhadap Brand Image Line dan Kakao Talk). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03965.pdf

Download (1491Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03965.pdf

Download (130Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03965.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03965.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03965.pdf

Download (124Kb)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi ditandai dengan munculnya berbagai aplikasi instant messenger, seperti Whatsapp, Line, WeChat, dan Kakao Talk. Penelitian ini memilih instant messenger Line dan Kakao Talk yang bertujuan untuk melihat pengaruh attractiveness celebrtity endorser terhadap brand image. Teori yang digunakan adalah teori SMCR dari David K. Berlo, the bullet theory, teori tentang daya tarik endorser dan teori tentang brand image. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif eksplanatif dengan data primer penyebaran kuesioner kepada 144 responden dari mahasiswa FISIP angkatan 2011 dan 2012 Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Responden terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu responden pengguna Line, pengguna Kakao Talk, dan bukan pengguna kedua instant messenger tersebut.Data diolah menggunakan uji regresi sederhana dan uji anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik celebrity endorser memiliki pengaruh terhadap brand image. Berdasarkan uji regresi,Agnes Monica dan Nidji sebagai endorser Line memiliki pengaruh terhadap brand imageLine sebesar 0,537 pada responden pengguna Line dan sebesar 0,492 pada responden bukan pengguna keduanya. Sherina dan Big Bang sebagai endorser Kakao Talk memiliki pengaruh terhadap brand image Kakao Talk sebesar 0,594 pada responden penggunanya dan sebesar 0,628 pada responden bukan pengguna keduanya. Keempat celebrity endorser memiliki pengaruh terhadap brand image Line dan Kakao Talk sebesar 0,592 pada responden bukan pengguna kedua instant messenger tersebut.Pengaruh attractiveness Sherina dan Big Bang terhadap brand image Kakao Talk pada kelompok pengguna Kakao Talk dan kelompok bukan pengguna keduanya lebih kuat dibandingkan dengan pengaruh Agnes Monica dan Nidji terhadap brand image Line pada kelompok pengguna Line dan bukan pengguna kedua instant messenger tersebut. Hal ini dikarenakan responden menilai daya tarik Big Bang lebih tinggi dibandingkan daya tarik Nidji.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Attractivenes, Celebrity Endorser, Brand Image, Line, Kakao Talk
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Jun 2014 08:34
Last Modified: 23 Jun 2014 08:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5308

Actions (login required)

View Item View Item