Monica A, Safira (2012) SIKAP KONSUMEN PADA IKLAN BLAST SMS (Penelitian Replikasi dari Tsang M Melody, Ho Shu-Chun, dan Liang Ting-Peng tentang Sikap Konsumen pada Iklan SMS Blast pada Pelanggan Nathasa Skin Care Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03111.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03111.pdf Download (273kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03111.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03111.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03111.pdf Download (769kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap konsumen pada iklan melalui SMS Blast yang terdiri dari hiburan, informasi, gangguan dan kredibilitas dan untuk mengetahui ada tidak perbedaan sikap konsumen pada SMS Blast yang terdiri dari hiburan, informasi, gangguan dan kredibilitas jika ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Adapun teori-teori yang digunakan untuk mendukung penelitian yakni iklan, media periklanan, mobile advertising, iklan SMS dan teori sikap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode survei yang bersifat bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini jumlah pelanggan Nathasa Skin Care yang terdaftar sebagai anggota (member) dan jumlah sampelnya sebanyak adalah 272 pelanggan yang dikumpulkan dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner dan diolah dengan uji One Sample t-Test dan independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil negatif pada dimensi-dimensi iklan yang disampaikan melalui SMS. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum konsumen menganggap bahwa iklan yang disampaikan melalui SMS tidak menghibur, kurang informatif, dianggap mengganggu dan kurang kredibel. Hasil uji beda pada masing-masing dimensi ditinjau dari perbedaan jenis kelamin diketahui bahwa terdapat perbedaan penilaian yakni pada informativeness dan iritation sedangkan pada dimensi entertainment dan credibility tidak terdapat perbedaan penilaian. Pengguna pria menilai lebih rendah daripada pengguna wanita. Dimensi irritation ternyata pengguna pria menilai lebih tinggi daripada pengguna wanita. Hasil studi ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan serta evaluasi bagi pihak-pihak yang ingin menggunakan media SMS sebagai media iklannya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | informativeness, iritation, entertainment, credibility dan SMS Blast |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 16 Apr 2013 12:57 |
Last Modified: | 01 May 2013 10:40 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/531 |
Actions (login required)
View Item |