STRATEGI SOSIALISASI NILAI-NILAI INTI SIGAP SEBAGAI SALAH SATU BUDAYA PERUSAHAAN DI PT AGRO MANDIRI SEMESTA

KRISTIANINGRUM, THERESIA (2014) STRATEGI SOSIALISASI NILAI-NILAI INTI SIGAP SEBAGAI SALAH SATU BUDAYA PERUSAHAAN DI PT AGRO MANDIRI SEMESTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03840.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03840.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03840.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03840.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03840.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan budaya perusahaan di PT Agro Mandiri Semesta. Perubahan budaya perusahaan ini dirasakan perlu dilakukan karena PT Agro Mandiri Semesta merupakan perusahaan yang sedang tumbuh dan berkembang menuju kemapanan, sehingga perlu terus menerus membenahi paradigmanya dalam rangka mencapai visi dan misi perusahaan. Pelaksanaan visi misi perusahaan yang ada saat ini, pada dasarnya menuntut pula dukungan implementasi yang sesuai dari budaya kerja yang kondusif terhadap peningkatan kinerja perusahaan. Implikasinya berupa budaya perusahaaan yang terwujud dalam nilai-nilai inti perusahaan SIGAP Core Values. Jenis penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi sosialisasi yang dilakukan untuk mensosialisasikan budaya perusahaan di PT Agro Mandiri Semesta. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode studi kasus. Konsep-konsep yang digunakan alam penelitian ini antara lain konsep komunikasi organisasi, budaya organisasi, sosialisasi, strategi sosialisasi, dan karyawan sebagai objek sosialisasi budaya perusahaan. Konsep-konsep tersebut digunakan oleh peneliti sebagai pedoman awal sebelum peneliti turun ke lapangan. Setelah turun ke lapangan, peneliti mengumpulkan data dengan melakukan in depth interview kepada tiga orang informan yang berasal dari bagian intenal PT Agro Mandiri Semesta. Kemudian peneliti mencari kata kunci dari masing-masing data yang sudah dikumpulkan, lalu menganalisis temuan data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Agro Mandiri Semesta menyadari bahwa dalam mensosialisasikan budaya perusahaan diperlukan strategi yang baik agar sosialisasi budaya perusahaan dapat berjalan dengan maksimal dan efektif. Strategi sosialisasi yang dinilai paling sesuai dengan kondisi perusahaan adalah strategi sosialisasi komunal dan strategi sosialisasi personal. Strategi sosialiasi budaya perusahaan di PT Agro Mandiri Semesta diturunkan menjadi program yang dirancang untuk mensosialisasikan budaya perusahaan. Program-program yang dirancang antara lain adalah dengan makan malam dan olah raga bersama, rapat, pelatihan, core people, media dan praktek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi, sosialisasi, budaya perusahan
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Jun 2014 08:51
Last Modified: 30 Jun 2014 08:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5372

Actions (login required)

View Item View Item