STUDI TENTANG PEMELIHARAAN BANGUNAN GEDUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HARJONO KABUPATEN PONOROGO

Pringgodani, Satriyo (2013) STUDI TENTANG PEMELIHARAAN BANGUNAN GEDUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HARJONO KABUPATEN PONOROGO. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS12774.pdf

Download (479Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS12774.pdf

Download (163Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS12774.pdf

Download (184Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS12774.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS12774.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS12774.pdf

Download (559Kb)

Abstract

Bangunan rumah sakit sebagai fasilitas kesehatan maka memerlukan adanya pemeliharaan yang lebih khusus dibandingkan dengan bangunanbangunan yang lainnya. Karena rumah sakit didesain sedemikian rupa sehingga mampu melayani pasien secara efektif dan efisien serta dapat dijaga kebersihannya (Donny, 2001). Menurut Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 24/PRT/M/2008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung, bangunan gedung adalah wujud fisik hasil pekerjaan konstruksi yang menyatu dengan tempat kedudukannya, sebagian atau seluruhnya berada di atas dan/atau di dalam tanah dan/atau air, yang berfungsi sebagai tempat manusia melakukan kegiatannya, baik untuk hunian atau tempat tinggal, kegiatan keagamaan, kegiatan usaha, kegiatan sosial, budaya, maupun kegiatan khusus. Bangunan gedung setelah selesai dibangun diharapkan dapat berfungsi dengan baik sampai umur rencananya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pemeliharaan bangunan Rumah Sakit Umum Daerah Harjono Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada instansi pengelola, pengguna langsung dan pengguna tidak langsung di Rumah Sakit Harjono Kabupaten Ponorogo. responden pengguna langsung berjumlah 50 orang dan pengguna tidak langsung sebanyak 50 orang. Skala yang digunakan untuk kuesioner instansi pengelola menggunakan skala 5 (sangat baik), 4 (baik), 3 (cukup baik), 2 (kurang baik) dan 1 (tidak baik). Kuesioner untuk pengguna langsung dan pengguna tidak langsung menggunakan skala 4 (sangat baik), 3 (baik), 2 (kurang baik) dan 1 (tidak baik). Hasil penelitian menujukkan bahwa pelaksanaan pemeliharaan bangunan Rumah Sakit Umum Daerah Harjono dilakukan oleh instansi pemeliharaan gedung tergolong dalam kategori cukup baik. Pengguna langsung Rumah Sakit Umum Daerah Harjono menilai bahwa pemeliharaan bangunan Rumah Sakit masuk dalam kategori baik sedangkan pengguna tidak langsung menilai bahwa pemeliharaan bangunan Rumah Sakit Harjono masuk dalam kategori baik. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai ratarata total pengguna langsung dan pengguna tidak langsung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemeliharaan Bangunan, Rumah Sakit, Pengguna Langsung dan tidak langsung
Subjects: Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Apr 2013 09:03
Last Modified: 03 May 2013 10:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item