WIJAYANTI, KRISTINA PRAMU (2012) KECENDERUNGAN VISUALISASI IKLAN TELKOMSEL PADA MEDIA CETAK (Study Deskriptif Kuantitatif Iklan Display TELKOMSEL pada Surat Kabar Harian Radar Jogja periode Oktober 2010 - September 2011). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03259.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03259.pdf Download (472kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03478.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03478.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03478.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Persaingan dunia bisnis semakin ketat, setiap perusahaan berlomba-lomba untuk tetap dapat hidup dan berkembang dengan matang. Dalam perkembangannya, organisasi membutuhkan pengelolaan untuk tetap dapat bertahan, termasuk pengelolaan reputasi. Upaya sebuah perusahaan dalam membangun reputasi perusahaan, salah satunya dengan melaksanakan program corporate social responsibility (CSR). Meskipun demikian, tidak selamanya program CSR perusahaan dapat berjalan mulus sesuai dengan target. Hasil program yang sudah dirancang perusahaan, ada kalanya tidak mendapatkan respon positif dari stakeholders nya. Masing-masing stakeholders mempunyai persepsi tersendiri terhadap perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, maka perusahaan perlu melibatkan stakeholders dalam proses evaluasi terhadap program CSR perusahaan, salah satunya dengan menggunakan teori koorientasi, dimana teori ini dapat melihat sejauh mana persamaan definisi dan persepsi antara perusahaan dengan masyarakat penerima program. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yakni suatu penelitian yang dirancang untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala saat penelitian. Sebagaimana penelitian deskriptif, tidak ada perlakuan yang diberikan atau dikendalikan serta tidak ada uji hipotesis dalam penelitian ini. Penelitian ini digunakan untuk menganalisis dan menjelaskan secara komprehensif dari sudut pandang informan yang terkait dengan tujuan penelitian, yaitu untuk mengevaluasi program PKBL yang dilakukan PT Madubaru menggunakan teori koorientasi. Penelitian ini menggunakan sumber data dari wawancara langsung (in-depth interview) dengan tim PKBL PT Madubaru dan melakukan FGD (Focus Group Discussion), dengan warga Padokan penerima program yang berjumlah tujuh orang. Dapat disimpulkan dari penelitian ini, bahwa telah terdapat koorientasi persepsi antara perusahaan dengan Informan mengenai program PKBL. Informan memandang program PKBL PT Madubaru selama ini telah berhasil dan efektif, sehingga dari keberhasilan program PKBL tersebut, reputasi PT Madubaru di mata Informan adalah sebagai perusahaan yang mempunyai tanggungjawab sosial tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 17 Apr 2013 12:03 |
Last Modified: | 17 Apr 2013 12:03 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/555 |
Actions (login required)
View Item |