PENGARUH KEKUATAN CORPORATE IDENTITY TERHADAP CORPORATE IMAGE ”THE HOUSE OF RAMINTEN” KOTA BARU YOGYAKARTA

Siahaan, Thomson Willy (2012) PENGARUH KEKUATAN CORPORATE IDENTITY TERHADAP CORPORATE IMAGE ”THE HOUSE OF RAMINTEN” KOTA BARU YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03313.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03313.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03313.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03313.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03313.pdf

Download (618kB) | Preview

Abstract

Kekuatan corporate identity merupakan kuat atau lemahnya identitas yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk menunjukkan dirinya kepada publik sesuai dengan realitas yang ada. Identitas perusahaan ditunjukkan melalui tingkah laku, komunikasi, dan simbol. Tujuan utama corporate identity adalah sebagai salah satu pembentuk corporate image. Corporate identity yang kuat akan membentuk corporate image yang positif dibenak publik perusahaan. Corporate image merupakan sebuah hasil penilaian masyarakat terhadap sebuah perusahaan. Penilaian tersebut dapat berupa kesan-kesan yang baik dan menguntungkan terhadap perusahaan ataupun sebaliknya. Pembentukan corporate image dapat dilihat melalui corporate identity yang dikomunikasikan perusahaan yang kemudian dipersepsikan publik menjadi citra perusahaan. Publik perusahaan memiliki latar belakang daerah asal yang berbeda-beda yang akan mempengaruhi publik dalam mempersepsikan corporate image suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel diatas yaitu pengaruh kekuatan corporate identity terhadap corporate image The House of Raminten Kota Baru Yogyakarta diuji dengan menggunakan variabel kontrol berupa kedekatan daerah asal. Penelitian ini merupakan penelitian survey eksplanatif. Responden dari penelitian ini adalah 133 orang pengunjung The House of Raminten Kota Baru Yogyakarta. Jumlah tersebut adalah jumlah sampel yang digunakan untuk mewakili populasi pengunjung yang tidak dapat diperkirakan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diolah menggunakan SPSS versi 15 dan PASW Statistic 18. Pengaruh kekuatan corporate identity terhadap corporate image dianalisis menggunakan teknik regresi sederhana. Untuk melihat kekuatan hubungan antara kekuatan corporate identity dengan corporate image dianalisis menggunakan teknik analisis korelasi langsung. Untuk pengaruh variabel kontrol terhadap variabel kekuatan corporate identity dengan variabel corporate image digunakan teknik analisis regresi berganda. Setelah penelitian dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa kekuatan corporate identity berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap corporate image. Begitu juga dengan pengaruh kekuatan corporate identity terhadap corporate image diuji dengan variabel kontrol kedekatan daerah asal menunjukkan hubungan yang signifikan. Sedangkan hubungan antara kekuatan corporate identity dengan corporate image berada dalam kategori cukup kuat dan arah yang positif. Hal tersebut berarti jika kualitas corporate identity naik maka corporate image juga akan naik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kekuatan corporate identity, corporate image, kedekatan daerah asal
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Apr 2013 08:21
Last Modified: 01 May 2013 12:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item View Item