MOTIVASI MEMBACA MAJALAH UTUSAN (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Motivasi Membaca Majalah Utusan bagi Pelanggan di Yogyakarta)

PUTRI, VIRGINIA CHRISTY AYU (2012) MOTIVASI MEMBACA MAJALAH UTUSAN (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Motivasi Membaca Majalah Utusan bagi Pelanggan di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03440.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03440.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03440.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03440.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03440.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Majalah Utusan adalah salah satu bentuk media cetak dengan segmentasi pembaca di kalangan awam Kristiani. Majalah ini didirikan pada tahun 1951. Dengan sepak terjang yang beragam, mulai dari perubahan pemimpin, tampilan, maupun lokasi redaksi, Majalah Utusan tetap mendapat perhatian yang cukup besar dari kalayak. Terbukti dari bertambahnya pelanggan dari tahun ke tahun. Pembaca yang menjadi pelanggan mempunyai motivasi masing-masing untuk terus membaca Majalah Utusan. Ada empat macam motivasi atau dorongan untuk memenuhi kebutuhan khalayak dalam teori Uses and Gratification, yaitu diversion (pengalihan), personal relationship (hubungan personal), personal identity (identitas personal), dan surveillance (pengawasan). Masing-masing kategori tersebut membuat pelanggan ingin terus membaca Majalah Utusan dan menjadikan kegiatan tersebut sebagai salah satu kebutuhan mereka. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan memaparkan hasil penelitian dalam lapangan menjadi sebuah narasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara mendalam dan pengamatan dari dokumen yang diperlihatkan oleh informan. Sehingga dapat diketahui mengenai apa saja motivasi membaca bagi pelanggan Majalah Utusan di Yogyakarta. Pelanggan Majalah Utusan mempunyai empat motivasi dalam membaca majalah tersebut, yaitu untuk mengisi waktu luang, berinteraksi dengan orang lain, mendapatkan penguatan nilai, dan untuk mendapatkan informasi yang diinginkan mengenai kehidupan rohani umat Kristiani.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motivasi, membaca, majalah
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Apr 2013 10:22
Last Modified: 01 May 2013 11:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item