POSITIONING RAKET BULUTANGKIS (Studi Deskriptif Kuantitatif Positioning Raket Bulutangkis Flypower dan Yonex Menurut Persepsi Atlet-atlet Bulutangkis di Unit Kegiatan Mahasiswa Bulutangkis Universitas di Yogyakarta)

SAPUTRO, LEONARDO TEGUH (2012) POSITIONING RAKET BULUTANGKIS (Studi Deskriptif Kuantitatif Positioning Raket Bulutangkis Flypower dan Yonex Menurut Persepsi Atlet-atlet Bulutangkis di Unit Kegiatan Mahasiswa Bulutangkis Universitas di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03450.pdf

Download (917Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03450.pdf

Download (261Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03450.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1089Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03450.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03450.pdf

Download (2686Kb)

Abstract

Di zaman ini banyak sekali perusahaan yang terpaksa gulung tikar akibat tidak mampu menghadapi persaingan bisnis. Strategi agregasi pasar sudah tidak bisa digunakan lagi, karena produsen semakin dituntut kreatif dalam mengaplikasikan suatu strategi agar tidak kalah oleh persaingan bisnis. Bagi konsumen yang lahir di tahun 1970-an, hanya akan mengetahui satu brand raket bulutangkis yaitu Yonex. Berbeda dengan tahun 2012. Konsumen semakin dibuat bingung oleh hadirnya brand-brand, sebut saja Flypower, Reinforce Speed, Astec, Specs, Lining, Victor, dan lainnya. Produsen harus menetapkan posisi yang unik di dalam produknya. Posisi unik tersebut merupakan kekuatan terselubungnya untuk mempengaruhi otak konsumen. Para produsen bertempur agar mereknya diingat, diprioritaskan konsumen, dicintai, dibeli setiap dibutuhkan. Positioning erat kaitannya dengan persepsi, di mana positioning produk didefinisikan sebagai seperangkat rumit atas persepsi, kesan, dan perasaan konsumen terhadap produk tertentu dibandingkan produk-produk pesaing. Setelah positioning yang ditetapkan oleh produsen, maka muncullah persepsi. Persepsi konsumen dipengaruhi oleh positioning produsen. Topik penelitian ini adalah positioning raket bulutangkis menurut persepsi atlet-atlet bulutangkis, di mana yang menjadi objek penelitian adalah atlet bulutangkis dari Unit Kegiatan Mahasiswa Bulutangkis Universitas di Yogyakarta. Melalui penelitian ini, peneliti ingin memaparkan, mendapatkan, serta memberi paradigma tentang fenomena persaingan produk raket bulutangkis, serta menggunakan metodologi penelitian analisis tingkat kepentingan atribut, analisis indeks persepsi konsumen, dan peta persepsi untuk mengetahui bagaimana persepsi atlet-atlet tersebut terhadap positioning yang berasal dari produsen raket bulutangkis. Pada penelitian ini dapat diperoleh hasil bahwa positioning raket bulutangkis Flypower menurut persepsi atlet-atlet bulutangkis adalah harga murah, daya tahan baik, baik untuk tipe penyerang, kekuatan frame tinggi, perkembangan model raket update harga sepadan dengan ketahanan, dan produk Indonesia. Sedangkan positioning raket bulutangkis Yonex menurut persepsi atlet-atlet bulutangkis adalah harga mahal, daya tahan lebih lama, harga lebih sepadan dengan ketahanan, perkembangan model lebih update, sangat baik untuk tipe menyerang dan bertahan, kekuatan frame lebih tinggi. Saran bagi produsen Flypower adalah lebih berkreatif dalam menjalankan strategi promosinya agar konsumen dapat mengingat minimal pada satu atribut. Selain itu, Yonex harus tetap konsisten menjadi penguasa pasar raket bulutangkis dengan selalu melakukan inovasi agar tidak kalah dalam persaingan bisnis raket bulutangkis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Positioning raket bulutangkis menurut persepsi atlet
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Apr 2013 10:33
Last Modified: 01 May 2013 11:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/574

Actions (login required)

View Item View Item