FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN ONLINE SELLER MEMILIH SITUS JEJARING INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE SHOP (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Faktor-Faktor yang Menentukan Toko Online di Yogyakarta Memilih Media Promosi Instagram)

Kiranasari, Betari (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN ONLINE SELLER MEMILIH SITUS JEJARING INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE SHOP (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Faktor-Faktor yang Menentukan Toko Online di Yogyakarta Memilih Media Promosi Instagram). Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. p1-16.

[img] Text (Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi)
JURNAL.pdf

Download (313kB)

Abstract

Adanya smartphone memudahkan para pebisnis menjual barangnya secara online, tidak hanya lewat web, namun juga melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Penelitian ini menyorot Instagram sebagai salah satu jejaring sosial yang sedang banyak digunakan di masyarakat untuk berbisnis online, khususnya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang membuat online seller mempromosikan produknya di Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian eksploratif. Teori yang digunakan peneliti adalah teori Uses & Gratification. Subjek yang diteliti adalah para online seller domisili Yogyakarta yang menggunakan Instagram untuk mempromosikan produknya. Peneliti menggunakan faktor 5 tipe kebutuhan dalam teori Uses & Gratification (kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial, pelepasan ketegangan) sebagai panduan dalam meneliti. Penelitian ini menemukan bahwa faktor tipe kebutuhan Uses & Gratification cocok dengan yang ditemukan seller dalam memilih Instagram sebagai media promosi online shop-nya.Di luar faktor tersebut, ditemukan pula faktor-faktor lain di lapangan yaitu faktor kemudahan akses, biaya relatif, dan lifestyle envy. Saran yang diajukan untuk online seller adalah untuk memperbaiki tampilan produk secara visual supaya lebih enak dipandang, selain itu juga mengurangi penggunaan hashtag yang ramai supaya tidak terjadi noise dalam foto produk mereka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Uses & Gratification, bisnis online, online shop, media promosi, Instagram
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Sep 2014 12:40
Last Modified: 15 Sep 2014 12:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5776

Actions (login required)

View Item View Item