PRODUCT PLACEMENT APPLE DALAM FILM Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Kesesuaian Brand Image iPhone dengan Product Placement iPhone di dalam FilmMission Impossible 4 berdasarkan sudut pandang Pengguna iPhone

GUMELAR, AMANDA GIACINTA (2012) PRODUCT PLACEMENT APPLE DALAM FILM Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Kesesuaian Brand Image iPhone dengan Product Placement iPhone di dalam FilmMission Impossible 4 berdasarkan sudut pandang Pengguna iPhone. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03464.pdf

Download (1148Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03464.pdf

Download (173Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03464.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03464.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03464.pdf

Download (161Kb)

Abstract

Komunikasi pemasaran merupakan hal utama yang berperan dalam membentuk citra suatu merk dan berpengaruh dalam peningkatan angka penjualan. Perkembangan teknologi, pola perilaku konsumen serta semakin gencarnya persaingan menuntut para produsen dan pemasar untuk terus berinovasi dan melakukan kegiatan pemasaran dengan berbagai strategi baru yang kreatif. Product Placement atau penempatan produk adalah salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan melalui media film ataupun program televisi. Product placement banyak dipilih sebagai bentuk alternatif komunikasi pemasaran dalam setelah adalanya temuan fakta bahwa iklan televisi (TVC) sudah tidak efektif lagi dalam menyampaikan pesan persuasi. Penempatan Produk melalui media film dapat memunculkan asosiasi-asosiasi tersendiri di benak konsumen yang kemudian membentuk citra produk, maka penempatan produk tersebut harus memperhatikan aspek-aspek film yang berkaitan dengan kemunculan produk bersifat membangun atau bahka memperkuat citra produk. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif yang bertujuan memaparkan kesesuaian antara identitas merk yang disampaikan perusahaan dengan brand image yang muncul berdasarkan sudut pandang pengguna iPhone dan dengan brand image yang muncul pada penempatan produk iPhone di dalam film MI:4 Pada akhirnya, brand image yang muncul dari sudut pandang para pengguna iPhone sesuai dengan identitas merk yang disampaikan perusahaan, dan terdapat perbedaan brand image yang muncul pada penempatan produk iPhone dalam film MI:4. Tidak hanya bersifat mendukung konsep dan alur cerita, tetapi penempatan produk melalui media film juga berpengaruh pada citra produk itu sendiri sehingga kemunculannya harus benar-benar diperhatikan agar penyajian produk di dalam film tersebut dapat menghasilkan asosiasi yang positif bagi produk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Product Placement, Asosiasi
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Apr 2013 10:53
Last Modified: 01 May 2013 10:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item View Item