PROSES REPOSITIONING CEKIDOT BULLETIN DALAM MEMBENTUK POSITIONING BARU SEBAGAI MAJALAH REMAJA (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Proses Repositioning Cekidot Bulletin dalamMembentuk Positioning Baru sebagai MajalahRemajamelalui Strategi Branding)

GUNITA, MARIA NARI (2012) PROSES REPOSITIONING CEKIDOT BULLETIN DALAM MEMBENTUK POSITIONING BARU SEBAGAI MAJALAH REMAJA (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Proses Repositioning Cekidot Bulletin dalamMembentuk Positioning Baru sebagai MajalahRemajamelalui Strategi Branding). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03466.pdf

Download (1785Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03466.pdf

Download (254Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03466.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03466.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1824Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03466.pdf

Download (2842Kb)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Proses Repositioning Cekidot Bulletin dalam Membentuk Positioning Baru sebagai Majalah Remaja” ini bertujuan untuk mengetahui proses repositioning yang dilakukan oleh Cekidot Bulletin dalam membentuk positioning baru sebagai majalah remaja, melalui strategi branding yang dijalankan. Penelitian ini mengambil Cekidot Bulletin dan Cekidot Magz sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di kantor dan Cekidot yakni Jalan Bakung no 17 Baciro, dengan mengambil narasumber CEO Cekidot, Head of Creative Cekidot, Editor in Chief Cekidot dan dua orang pembaca serta satu orang pengiklan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana Cekidot Bulletin melakukan proses repositioning-nya dalam rangka membentuk positioning yang baru sebagai majalah remaja melalui strategi branding. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang membahas konstruksi realitas sosial dan pemaknaan budaya. Peneliti dilakukan selama bulan Agustus 2012 dan proses pengumpulan data dilakukan melalui indepth interview serta dokumentasi data yang dilakukan oleh penulis. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa kronologi proses berawal dari pergeseran segmen pada Cekidot Bulletin yang dimulai sejak masuknya rubrik Smart Student. Hal itu yang menjadi permulaan Cekidot Bulletin sedikit demi sedikit bertransformasi menjadi Cekidot Magazine. Perbedaan antara Cekidot Bulletin dan Cekidot Magz secara garis besar selain terletak pada ukuran serta desain, juga terletak pada konten berita dan gaya bahasa yang digunakan. Selain itu Cekidot Magz juga memiliki ikon Ceki dan Dodot yang digunakan untuk mewakili karakter dari pembaca Cekidot Magz sendiri, yakni pelajar SMA Jogja. Setelah dilakukan analisa, dapat diketahui bahwa ternyata dalam melakukan proses repositioning, meskipun format dan isi Cekidot Magz banyak berbeda dengan Cekidot Bulletin, manajemen Cekidot tidak melakukan secara lengkap strategi branding seperti yang dijelaskan ke dalam lima langkah dalam doktrin brand strategy. Hanya ada beberapa tahap yang dijalankan oleh Cekidot dalam melakukan repositioning produknya. Banyak langkah yang terlewatkan ataupun tidak dilakukan secara lengkap. Hal tersebut menyebabkan proses repositioning yang dilakukan tidak berjalan sempurna sehingga hasilnya kurang sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: positioning, repositioning, branding
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Apr 2013 11:05
Last Modified: 01 May 2013 10:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/579

Actions (login required)

View Item View Item