PENGARUH TINGKAT TRUSTWORTHINESS ADVERTISING CLAIMS TERHADAP TINGKAT MOTIVASI MEMBELI (Studi Eksplanatif mengenai Pengaruh Tingkat Trustworthiness Advertising Claims Brand Lifebuoy “ MembantuMelindungi dari 10 masalah tentang Kuman” Terhadap Tingkat Motivasi Membeli pada Warga Rusunawa Condong Catur Yogyakarta )

Agustin, Melisa (2012) PENGARUH TINGKAT TRUSTWORTHINESS ADVERTISING CLAIMS TERHADAP TINGKAT MOTIVASI MEMBELI (Studi Eksplanatif mengenai Pengaruh Tingkat Trustworthiness Advertising Claims Brand Lifebuoy “ MembantuMelindungi dari 10 masalah tentang Kuman” Terhadap Tingkat Motivasi Membeli pada Warga Rusunawa Condong Catur Yogyakarta ). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03472.pdf

Download (1051Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03472.pdf

Download (635Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03472.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1113Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03472.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03472.pdf

Download (743Kb)

Abstract

Penelitian yang berjudul PENGARUH TINGKAT TRUSTWORTHINESS ADVERTISING CLAIM TERHADAP TINGKAT MOTIVASI MEMBELI bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara tingkat trusworthiness advertising claim terhadap tingkat motivasi membeli dengan variabel kontrol dalam penelitian ini adalah tingkat pendapatan dan tingkat pengetahuan produk. Penelitian ini dilakukan di kawasan rumah susun Condong Catur Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksplanatori dengan populasi penelitian warga yang tinggal di kawasan rusunawa condong catur tersebut. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling, jumlah yang dipakai dalam penelitian ini adalah 78 responden. Hipotesis yang diajukan oleh peneliti adalah adanya pengaruh tingkat trustworthiness advertising claim terhadap tingkat motivasi membeli yang juga dipengaruhi oleh tingkat pendapatan dan tingkat pengetahuan produk. Analisis data dengan menggunakan teknik teknik kolerasi parsial dan analisis regresi. Uji validitas menyatakan bahwa semua instrument menghasilkan koefisien kolerasi dari rumus signifikansi Product Moment sebesar 0,233. Semua instrument dinyatakan valid karena nilainya lebih besar dari 0,233. Sedangkan untuk uji reliabilitas untuk semua variabel bernilai lebih dari 0,6 dan dinyatakan reliabel. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, variabel independen Tingkat Trustworthiness Advertising Claims (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat motivasi membeli, hal ini ditunjukkan dari nilai standariezed beta sebesar 0,769 dan signifikan pada 0,000. Arah hubungan yang dimiliki adalah positif, hal ini berarti semakin tinggi tingkat Trustworthiness Advertising Claim, maka tingkat motivasi membeli semakin tinggi. Variabel tingkat pendapatan (Z1) dan tingkat pengetahuan (Z2) tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada hubungan antara variabel X terhadap variabel Y. Hal tersebut tampak dari uji regresi yang tidak signifikan karena standariezed beta yang dimiliki sebesar 0,708 dan signifikan pada - 0,003. Hal ini berarti, variabel Tingkat Trustworthiness Advertising Claims (X) dapat berpengaruh secara langsung pada variabel motivasi membeli (Y) tanpa harus melewati variabel tingkat pendapatan (Z1) dan variabel tingkat pengetahuan produk (Z2) terlebih dahulu. Nilai koefisiensi determinasi sebesar 36,8 % artinya variabel tingkat motivasi membeli dapat dijelaskan oleh variabel tingkat trustworthiness advertising claim (X), tingkat pendapatan (Z1) dan tingkat pengetahuan (Z2). Sisanya 62,4% dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Apr 2013 11:11
Last Modified: 18 Apr 2013 11:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/580

Actions (login required)

View Item View Item