PESAN PERSUASIF DALAM MAJALAH ANAK (Analisis Isi Pesan Persuasif dalam Majalah Potret Negeriku)

JONATHAN, . (2012) PESAN PERSUASIF DALAM MAJALAH ANAK (Analisis Isi Pesan Persuasif dalam Majalah Potret Negeriku). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03485.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03485.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03485.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03485.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03485.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Komunikasi merupakan proses menyampaikan suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain baik langsung maupun tidak langsung. Salah satu tujuan komunikasi adalah persuasif, yaitu komunikasi yang bertujuan untuk mengubah sikap, pendapat, atau perilaku seseorang atau sejumlah orang. Komunikasi persuasif ini dapat dilakukan melalui beragam cara, termasuk melalui media massa. Pesan persuasif adalah pesan yang disampaikan dalam komunikasi persuasif. Agar pesan persuasif dapat disampaikan dengan baik sehingga sasaran dapat terpersuasi, maka perlulah dilakukan pengolahan yang tepat. Hal ini dilakukan agar komunikasi persuasif dapat efisien. Berdasarkan buku Tipologi Pesan Persuasif karangan Jamiluddin M. Ritonga (2005), perancangan pesan persuasif ini dapat dilakukan dengan mengolah isi, struktur, dan format pesan persuasif. Komunikasi persuasif juga dapat diberikan kepada anak-anak melalui media massa. Salah satu contohnya adalah majalah Potret Negeriku yang melakukan komunikasi persuasif kepada anak-anak pembaca majalah tersebut. Pesan persuasif yang disampaikan merupakan kalimat tema yang menjadi inti majalah tersebut, yaitu “mengajak anak-anak menjelajah tempat-tempat di Indonesia agar anak-anak lebih mengenal keragaman budaya dan kekayaan alam Indonesia.” Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan membandingkan konsep dari buku Tipologi Pesan Persuasif dan penerapan di majalah Potret Negeriku, didapati bahwa redaksi telah merancang artikel berdasarkan konsep yang ada. Isi pesan persuasif yang diberitakan didominasi dengan artikel dengan pesan persuasif “mengajak anakanak mengenal keragaman budaya Indonesia.” Dalam merancang pesan berdasarkan struktur pesan persuasif, redaksi menggunakan struktur antiklimaks, yaitu meletakkan gagasan utama pesan di awal artikel, dan menggunakan simpulan isi tersurat, yaitu memberikan kesimpulan pesan persuasif di dalam artikel. Dalam merancang pesan berdasarkan format pesan persuasif, redaksi menggunakan pesan satu sisi, yaitu hanya menampilkan satu sisi informasi, dan menggunakan pesan rasional, yaitu menampilkan data dan fakta untuk mempengaruhi cara berpikir pembacanya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Komunikasi Persuasif, Media Massa, Pesan Persuasif, Majalah Anak- Anak
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Apr 2013 12:14
Last Modified: 01 May 2013 10:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item View Item