PUSPITASARI, DIONYSIA DEWI INDRIANI (2012) KEPUASAN AUDIENCE PADA TAYANGAN TALKSHOW TELEVISI (Studi Kuantitatif Uses and Gratification Kepuasan Audience pada Tayangan Indonesia Lawyers Club TV One dan Today’s Dialogue Metro TV, di Kalangan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03490.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03490.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03490.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03490.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03490.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
Semakin banyaknya stasiun televisi yang ada di Indonesia, maka semakin banyak pula persaingannya dalam menarik perhatian para audience. Khususnya bagi Metro TV dan TV One yang sama-sama merupakan stasiun televisi berbasis berita. Dalam persaingan itu, peneliti ingin mengetahui tingkat kepuasan audience berdasarkan acara yang disajikan sesuai dengan gaya dan karakteristik kedua stasiun televisi. Acara tersebut adalah Indonesia Lawyers Club TV One dan Today’s Dialogue Metro TV yang keduanya sama-sama disajikan pada hari Selasa dan pada waktu yang hampir bersamaan. Peneliti akan mengetahui tingkat kepuasan audience terhadap kedua acara tersebut melalui angket/kuesioner yang dibagikan kepada 89 responden. Responden yang dipilih adalah mahasiswa aktif angkatan 2008-2011 Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Dalam penyebaran kuesioner, peneliti juga memilih mahasiswa yang pernah menonton kedua acara, sehingga mereka dapat lebih menguasai pertanyaan yang disajikan dalam kuesioner. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik survey untuk menganalisis perbandingan kepuasan audience pada dua acara talkshow. Pertanyaan yang disajikan diawali dengan pengetahuan responden terhadap kedua acara, intensitas menonton dan pertanyaan inti yang berdasarkan pada konsep motif Mc.Quail yaitu motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, serta motif hiburan. Dari penelitian ini jika digunakan rumus uji mean maka diperoleh hasil bahwa ada perbedaan tingkat kepuasan jika dibandingkan dengan motifnya. Perbedaan tersebut terletak pada kategori integrasi sosial dan hiburan yaitu ILC TV One lebih memuaskan daripada Today Dialogue Metro TV. Sedangkan jika dihitung menggunakan paired sample t-test maka terdapat tingkat perbedaan kepuasan yang signifikan antara ILC TV One dan Today’s Dialogue Metro TV dalam kategori informasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Audience, Program Talkshow, Uses and Gratification. |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Apr 2013 12:24 |
Last Modified: | 01 May 2013 10:59 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/585 |
Actions (login required)
View Item |